PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIK KELAS X MAN BANGKALAN

  • SITI JAMIATUL HUSNAINI

Abstract

Berpikir kritis dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran yang menekankan pada proses aktif, yakni dengan mengembangkan kebiasaan mengajukan pertanyaan. Model pembelajaran tersebut adalah problem posing. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis, mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan respons siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing. Penelitian ini menggunakan desain ­pre experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Jumlah sampel yang digunakan adalah tiga kelas, yakni kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen, X-MIA 4 sebagai kelas replikasi I, dan X-MIA 5 sebagai kelas replikasi II yang diambil untuk mendapatkan konsistensi peningkatan keterampilan berpikir kritis. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis meningkat secara konsisten, yakni hasil posttest keterampilan memfokuskan pertanyaan, menganalisis argumen, mempertimbangkan reliabilitas sumber serta menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi berturut-turut berada pada rentang 86,9-96,9; 87,0-90,5; 60,3-73,2; dan 59,9-79,3. Berdasarkan uji N-gain, diperoleh bahwa kategori peningkatan keterampilan memfokuskan pertanyaan dan menganalisis argumen adalah sedang sampai tinggi berturut-turut berada pada rentang 0,59-0,83 dan 0,67-0,79; sedangkan kategori peningkatan keterampilan mempertimbangkan reliabilitas sumber serta menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi adalah sedang, berturut-turut berada pada rentang 0,37-0,59 dan 0,49-0,66. Respons siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan berada dalam kriteria baik sampai dengan sangat baik.

 

Kata Kunci: Problem posing, Pre solution posing, Keterampilan berpikir kritis, dan Fluida statik.

 

Abstract

Critical thinking can be increased through the application of learning model which is emphasize the active procces, namely by developing the habit of asking questions. The learning model is problem posing. The puspose of this research are to describe the students’s critical thinking skill, to describe the increasing critical thinking skill and students’s response as applied problem posing learning model type of pre solution posing. This research uses pre-experimental design with the form of one group pretest-posttest design. The samples used are three class, namely X-MIA 1 as an experiment class, X-MIA 4 as the first repeating class, and X-MIA 5 as the second repeating class which are taken to obtain the consistency of the increasing critical thinking skill. From the result of this research, can be conculuded that the critical thinking skill to rise consistently, which is posttest’s result of focusing question, analysing argument, considering the source’s reliability, induction and considering the induction’s result, respectively in range 86,9-96,9; 87,0-90,5; 60,3-73,2; and 59,9-79,3. Based on N-gain test, found that increasing category of focusing question skill and analysing argument skill is medium to high’s category, respectively in range 0,59-0,83 and 0,67-0,79; while increasing category of considering the source’s reliability skill, induction and considering the induction’s result skill is medium’s category, respectively in range 0,37-0,59 and 0,49-0,66. Student’s response to the learning model used is in good to very good criterion.

 

Keywords: problem posing, pre solution posing, critical thinking skill, and static fluid. 

Published
2015-07-05
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 29