Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Pada Materi Fluida Statik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di MA Matholi’ul Anwar Simo Lamongan

  • DWI ATHIYATUR ROHMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan mengintegrasikan keterampilan time token untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan respons siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan instrumen penelitian meliputi lembar observasi, lembar tes, dan lembar angket. Rancangan penelitian yang digunakan adalah control group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X MIA di MA Matholi’ul Anwar Simo Lamongan, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari empat kelas yaitu tiga kelas eksperimen (X MIA-1, X MIA-2, dan X MIA-4) dan satu kelas kontrol (X MIA-3). Berdasarkan hasil analisis uji-t dua pihak didapatkan thitung hasil belajar siswa dari tiga kelas eksperimen berturut-turut sebesar 5,15; 3,84; dan 4,82 dengan ttabel sebesar 2,00, karena thitung tidak berada pada  -ttabel < thitung < ttabel maka hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji-t satu pihak dan didapatkan nilai thitung tiga kelas eksperimen berturut-turut sebesar 5,15; 3,84; dan 4,82 dengan ttabel sebesar 1,67, karena thitung > ttabel, maka hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan mengintegrasikan keterampilan time token terlaksana dengan sangat baik. Pada hasil belajar siswa yang meliputi tiga aspek (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) diperoleh rata-rata nilai untuk kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, kelas eksperimen 3, dan kelas kontrol berturut-turut adalah 87,85; 81,27; 82,62; dan 75,98, hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar pada kelas kontrol. Untuk analisis hasil respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan mengintegrasikan keterampilan time token mendapatkan respons positif dari siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata respons siswa secara keseluruhan memperoleh persentase yang tinggi berada dalam kategori baik sekali.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), keterampilan time token, dan Hasil Belajar Siswa.

Abstract

This research aims to descript implementation of Numbered Heads Together (NHT) type cooperative learning model by integrating  time token skill to students learning outcomes and responses. This is true experimental design research with research instrument of observation, test, and questionnaire sheets. Design of research uses pre-test and post-test control group design. Population of this research is student of X MIA MA Matholi-ul Anwar Simo Lamongan while sample  of the research consists of four classes that is three experimental class (X MIA-1, X MIA-2, and X MIA-4) and one control class (X MIA-3). Based on two parties t test analysis, it obtains tcalculated of learning outcomes  from three experimental class 5.15; 3.84; and 4.82 respectively with table = 2.0. Given t­calculated stands on –ttable < tcalculated < ttable then learning outcomes of students in experimental class is different with in control class. Next, one party t-test is conducted and result in tcalculated of three experimental class is 5,15; 3.84; and 4.82 respectively and table = 1.76. Concerning tcalculated > ttable, then learning outcomes of students in experimental class is better than in control class. From results of the research, it obtains that materialization of NHT type cooperative learning model   by integrating time token skill is materialized well. On three aspects (knowledge, attitude, and skill), it obtains mean value of 87.85; 81.27; and 75.98 in experimental class 1, experimental class 2, and experimental class 3 respectively. This indicates that learning outcomes in experimental class is better than in control class. From analysis results of students response to NHT type  cooperative learning model by integrating time token skill obtains positive response from the students. This is shown by  mean value of students’ response that overall obtain high percentage in very good category. 

 

Keywords: NHT type cooperative learning model, time token skill, and students  learning outcomes.

Published
2015-07-05
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 20