Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Siswa Dalam Melakukan Eksperimen Pada Materi Ajar Sumber Energi Terbarukan

  • AINUR ROKHMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan keterbacaan LKS berbasis Inkuiri Terbimbing, melatihkan keterampilan siswa dalam melakukan eksperimen, dan mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Hasil uji coba terbatas LKS berbasis Inkuiri Terbimbing dilaksanakan di kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Lamongan. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa hasil kelayakan LKS sebesar 87,5% dengan kriteria sangat layak dan keterbacaan LKS sebesar 83,5% dengan kriteria sangat baik. Pembelajaran menggunakan LKS berbasis Inkuiri Terbimbing dapat melatihkan keterampilan melakukan eksperimen dengan nilai rata-rata 3,53 (predikat A-). Hasil ini didukung dengan perolehan kompetensi sikap memperoleh modus Sangat Baik dan kompetensi pengetahuan memperoleh nilai rata-rata 3,06 (predikat B+). Ketuntasan hasil belajar siswa untuk kompetensi pengetahuan adalah sebesar 85%, kompetensi keterampilan 100%, dan kompetensi sikap 100%.

 

Kata kunci: keterampilan melakukan eksperimen,sumber energi terbarukan, LKS berbasis Inkuiri Terbimbing

 

Abstract

This research aims to analyze properness and effectiveness of Student Worksheet based guided inquiry, train student’s skill in conducting experiment, and describe the learning outcome achievement. The research method used is development research with ADDIE model. The final student worksheet is tested in X MIA 3 SMA N 2 Lamongan. Based on the result, it can be concluded that properness of student worksheet is 87,5% which is very proper and effectiveness of student worksheet is 83,5% which is very good. Student’s skill in conducting experiment gains average score of 3.53 or A-. This result is supported by social competence of students are very good and knowledge competence of students in average of 3.06 or B+. Learning outcomes of student for knowledge competence are 85%, skill competence is 100%, and social competence is 100%.

 

Keywords: skill in conducting experiment, renewable resources, student worksheet based Guided Inquiry

Published
2015-07-05
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 115