Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kartika Wijaya Surabaya pada Materi Fluida Statik

  • WAHYU SIAMI PURNAMASARI BM

Abstract

Pembelajaran dengan menerapkan kegiatan yang melibatkan 9 kecerdasan dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada satu kelas eksperimen melalui penelitian dengan desain one group pretest posttest. Proses pembelajaran terlaksana 82% pada pertemuan 1 dan 85% pada pertemuan 2. Keduanya berada dalam kategori sangat baik. Respon siswa menunjukkan nilai positif dengan persentase rata-rata adalah 87% dalam kategori sangat kuat. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan hasil belajar serta kecerdasan majemuk yang semakin kuat secara klasikal. Kecerdasan majemuk siswa meningkat sebesar 23% pada kecerdasan spasial,  21% pada kecerdasan linguistik, 24% pada kecerdasan logis-matematis, 26% pada kecerdasan interpersonal, 23% pada kecerdasan musikal, 17% pada kecerdasan kinestetik, 21% pada kecerdasan naturalis, 16% pada kecerdasan intrapersonal, 5% pada kecerdasan eksistensial. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 0,10 hingga 0,67 yang tergolong rendah hingga sedang. Hasil posttest menunjukkan ketuntasan belajar sebesar 86%. Secara keseluruhan pembelajaran berdasarkan kecerdasan majemuk meningkatkan hasil belajar secara signifikan dengan thitung 14,30 dan ttabel 1,69.

 

Kata Kunci: kecerdasan majemuk, hasil belajar

 

                                                                                                   Abstract                               

The learning with activities that include 9 kinds of intelligences implemented to increase students outcome in one experiment class by one group pretest posttest design. The learning implemented 82% at first day and 85% at second day. Both are in very good category. Students responses shows positive result with percentage 87%, very strong category. The data gained by observing, giving pretest before the treatment, and giving posttest after the treatment. The results shows any development of students outcome and students multiple intelligences getting stronger clasically. Students intelligences getting strongger by 23% at spatial intelligence,  21% at linguistic intelligence, 24% at logic-matematic intelligence, 26% at interpersonal intelligence, 23% at musical intelligence, 17% at kinestetic intelligence, 21% at naturalist intelligence, 16% at intrapersonal intelligence, 5% at existential intelligence. Students outcome develops with clasical gain from 0,10 to 0,67. This is in low to medium category. Posttest result shows 86% clasically completeness learning. Over all, the learning based on multiple intelligences theory develops students outcome significally with t 14,30 and ttabel 1,69.

 

Keywords: multiple intelligences, student outcome

Published
2015-07-05
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 61