PENGEMBANGAN ALAT PERAGA UJI INDEKS BIAS ZAT CAIR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA SUB MATERI PEMANTULAN DAN PEMBIASAN

  • WINDA EKY SUSANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat peraga uji indeks bias zat cair sebagai media pembelajaran fisika pada sub materi pemantulan dan pembiasan, untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga uji indeks bias zat cair serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan alat peraga uji indeks bias zat cair yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah four-D model yang dikemukakan oleh Thiagarajan dkk., dan dibatasi sampai tahapan Develope. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develope). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) validasi kelayakan alat peraga uji indeks bias zat cair memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 89,17%. Kriteria kelayakan yang dimaksud meliputi kesesuaian alat dengan konsep yang diajarkan, kemampuan alat dalam meningkatkan kompetensi peserta didik, kemudahan perawatan alat, keakuratan alat yang dibuat, kemudahan pengoperasian alat, konstruksi alat aman bagi peserta didik, dan alat memiliki estetika (warna dan bentuk), serta kemudahan mencari, mengambil dan menyimpan alat. (2) Setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga uji indeks bias zat cair tersebut, ketiga kelas uji coba memperoleh rata-rata presentase ketuntasan belajar sebesar 91,11%. (3) Ketiga kelas uji coba memberikan respon positif terhadap alat peraga yang dikembangkan dengan rata-rata persentase angket dengan pernyataan positif sebesar 87,78% dari responden, sedangkan presentase untuk pernyataan negatif sebesar 9,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat peraga uji indeks bias zat cair yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran fisika pada sub materi pemantulan dan pembiasan.

 

Kata Kunci: Alat Peraga Uji Indeks Bias Zat Cair, Media Pembelajaran, four-D Model serta Pemantulan dan    Pembiasan.

 

                                                                                                   Abstract                               

This research aims to know the appropriateness of refraction index of liquid apparatus as physics learning media on reflection dan refraction, to know the result study of student after using refraction index of liquid apparatus in the learning process, and to know the response of students to  refraction index of liquid apparatus wich developed. The research metode that used in this research is four-D model which introduced by Thiagarajan, and friends and limited until develope stage. There are three stages that used in this research, such as define stage, design stage and develope stage. The result of this research show that firstly, The result of assessment about appropriateness of refraction index of liquid apparatus has average percentage of 89,17%. It means that the refraction index of liquid apparatus which develope appropriate with nature science apparatus criteria, they are appropriate with the concept, can increase the student’s competence, easy to look after, the accuracy, easily operated, safe for students, has aesthetics, and easy to find, to take, and to keep. Secondly, after using the refraction index of liquid apparatus in the learning process, three of experiment classes reach 91,11% completeness study averagely. Thirdly, three of experiment classes give positive responses of questionnaires by 87,78% and negative responses by 9,11%. Thus, it can be concluded that the refraction index of liquid apparatus which developed appropriate to be used as physics learning media on reflection dan refraction.

 

Keywords: The Refraction Index of Liquid Apparatus, Learning Media, four-D and Reflection and Refraction.

Published
2015-07-06
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 67