PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI LEMPENG TEKTONIK UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL BAGI SISWA SMP

  • WAHYU APRILYANTI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan LKS yang telah dikembangkan dan mendeskripsikan hasil uji coba LKS yang dikembangkan terhadap kemampuan siswa dalam melaksanakan eksperimen dengan menggunakan laboratorium virtual pada materi lempeng tektonik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar telaah LKS, lembar pengamatan kemampuan siswa dalam melaksanakan eksperimen, lembar pengamatan sikap siswa, lembar tes pengetahuan, serta lembar angket respon. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian, kelayakan Lembar Kerja Siswa berorientasi kurikulum 2013 yang dikembangkan diperoleh dari hasil validasi RPP sebesar 87,82%, validasi LKS (kelayakan isi sebesar 83,33%, kelayakan penyajian 88,10%, kelayakan kebahasaan 84,72%, kelayakan kegrafisan 84,72% dan kelayakan LKS secara keseluruhan sebesar 85,09%) dan angket respon siswa sebesar 93,6%. Selain itu pengembangan Lembar Kerja Siswa berorentasi kurikulum 2013 mampu melatihkan kemampuan melaksanakan eksperimen dengan menggunakan laboratorium virtual dengan skor rata-rata kelas sebesar 3,28 yang didukung oleh rata-rata skor gain hasil pre-test dan post-test pengetahuan sebesar 0,8.

 

Kata Kunci : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi kurikulum 2013, kemampuan melaksanakan eksperimen, laboratorium virtual, dan lempeng tektonik.

Abstract

This study purposes to describe the validity of worksheets that have been developed and to described the results of worksheet that have been developed about the ability of students to conducting experiments by using virtual laboratory on plates tectonics material. The research uses ADDIE instructional design model. The instrument that used in this research is analysis sheet of worksheet, observation sheet of students’ 'ability to conducting the experiment, observation sheet of students’ attitude, cognitive test sheet, and observation sheet of students’ response. Based on the analysis and discussion of the results, the validity of students worksheet obtained from lesson plan validity which is 87.82%, worksheet validity (validity of contents is 83.33%, validity of presentation is 88.10%, validity of linguistic is 84.72 %, validity of graphic is 84.72% and validity overall is 85.09%) and the students’ response is 93.6%. Otherwise, student worksheet that have been developed, capable to train the ability of students experiments by using virtual laboratory with classical average score of 3.28 which is supported by the average score gain of the pre-test and post-test knowledge is 0.8.

 

Keyword:  Development of students worksheet, oriented 2013 curriculum, ability to conducting experiments, virtual laboratory, and plate tectonics.

Published
2015-07-06
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 40