Penggunaan Multimedia Presentasi Teroptimasi pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

  • MEIDA PRASTIWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi alat optik melalui penggunaan multimedia presentasi teroptimasi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pre test-post test non-equivalent experimental control group design. Subjek penelitian adalah 49 siswa kelas X MIA di SMA Negeri 3 Sidoarjo yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan pembelajaran menggunakan multimedia presentasi teroptimasi dan kelas kontrol yang diberi tidak diberi perlakuan dengan pembelajaran menggunakan multimedia presentasi teroptimasi. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui instrument lembar soal uraian sebanyak 10 butir soal dan angket respon siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis berdasarkan n gain yang diperoleh berkategori sedang, baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol, dengan n gain sebesar 0.5 pada kelas eksperimen dan sebesar 0.4 pada kelas kontrol.

 

Kata kunci: multimedia presentasi teroptimasi, berpikir kritis, alat optik

 

Abstract

This study purposes to measure students’ critical thinking improvement in the lesson of optical equipment through the using of optimalized presentation multimedia. The research used quasi-experiment method with pre test - post test non-equivalent experimental control group design. The research subjects are 49 students of XI science classes in SMA Negeri 3 Sidoarjo that grouped into an experimental group who is given learning treatment with the using of optimalized presentation multimedia and a control group who is given conventional learning treatment. The data collection has been done by using 10 questions of essay test and questionnaire form. The development of students’ critical thinking based on n gain achievement both of the experimental group and the control group are average categorized, where n gain of the experimental group is 0.5 and n gain of the control group is 0.4.

 

Keywords: optimalized presentation multimedia, critical thinking, optical equipment

Published
2015-07-06
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 32