PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BANGKU OPTIK UNTUK MENUNJANG KEGIATAN PEMBELAJARAN FISIKA PADA SUB POKOK BAHASAN LENSA

  • YORDHA ADHITAMA PUTRA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan alat peraga bangku optik untuk menunjang kegiatan pembelajaran fisika pada sub pokok bahasan lensa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) yang menurut Tim Puslitjaknov (Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi) terdiri atas 3 tahap umum yakni model pengembangan, prosedur pengembangan, serta ujicoba produk. Alat bangku optik yang dikembangkan merupakan perbaikan dari alat bangku optik yang telah ada sehingga lebih aman dan mudah digunakan tetapi masih sesuai dengan konsep materi. Dari hasil validasi oleh 3 dosen dan 1 guru fisika, alat peraga bangku optik yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan sebesar 94,44 % dan tergolong kriteria sangat baik. Adapun kriteria kelayakan yang dimaksud meliputi kesesuaian alat dengan konsep, kemampuan alat untuk meningkatkan perkembangan intelektual siswa, kemudahan perawatan alat, ketahanan alat, kemudahan pengoperasian alat, keamanan penggunaan alat, nilai estetika, serta kemudahan menyimpan alat. Hasil ujicoba yang dilakukan pada 3 kelas replikasi diperoleh ketuntasan belajar kelas mencapai 100 % pada kelas pertama; 93,33 % pada kelas kedua; dan 93,33 % pada kelas ketiga. Respon siswa yang diperoleh dari angket menunjukkan persentase sebesar 94,44% yang tergolong dalam kriteria sangat positif. Dengan demikian dapat disimpulkan alat peraga bangku optik layak digunakan sebagai alat peraga untuk menunjang kegiatan pembelajaran fisika.

 

Kata Kunci: Alat peraga bangku optik, Pembelajaran fisika sub pokok bahasan lensa, Development Research.

 

Abstract

This study aimed to describe the results of the development of the optical bench props to support learning activities physics on sub subject lens. The method used in this research is the development of research (Development Research) which, according to Tim Puslitjaknov (Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi) consists of three general phases namely development model, procedure development, and product testing. Optical bench tool developed an improvement of the optical bench tool that has been there making it safer and easier to use but still in accordance with the concept of matter. From the results of validation by three professors and one physics teacher, props optical bench developed has feasibility level of 94.44% and classified criteria very well. The eligibility criteria may include the suitability of the tool with the concept, the ability of tools to enhance the intellectual development of students, the ease of maintenance tools, tool durability, ease of operation of the device, the safe use of tools, aesthetic value, and ease of storing tools. The results of tests carried out on three classes of replication derived class learning completeness reached 100% in the first class; 93.33% in the second class; and 93.33% in the third grade. Student responses obtained from the questionnaire showed a percentage of 94.44% is classified as extremely positive criteria. It can be concluded props optical bench fit for use as props to support learning activities physics.

 

Keywords: Optical bench props, learning physics sub subject lens, Development Research.

 

Published
2015-07-06
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 63