Analisis Peningkatan Higher Order Thinking Skill Siswa Kelas XI SMAN 15 Surabaya dengan Model Pengajaran Langsung dan Kooperatif Pada Materi Dinamika Rotasi

  • SEFTYAN AGUSTIHANA

Abstract

Berlakunya Kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik menghendaki siswa untuk memiliki higher order thinking skill. Higher order thinking skill merupakan keterampilan yang dapat dilatihkan. Pembelajaran fisika sebagai salah satu alat untuk menumbuhkembangkan higher order thinking skill, memerlukan peran guru yang sangat penting. Variasi kegiatan yang dilaksanakan guru mempengaruhi penyerapan ilmu oleh siswa.  Di SMAN 15 Surabaya, pada materi dinamika rotasi diperoleh hasil belajar siswa yang lebih rendah daripada materi lainnya. Ini menunjukkan bahwa belum ditemukan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan higher order thinking skill. Model yang sering digunakan di SMAN 15 Surabaya adalah pengajaran langsung dan kooperatif. Untuk memberikan solusi akan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menentukan aspek keterlaksanaan pembelajaran dengan model pengajaran langsung dan kooperatif serta menentukan peningkatan higher order thinking skill. Penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif ini menggunakan dua sampel kelas, dimana siswa-siswi dari dua kelas tersebut memiliki kemampuan akademik setara dan diajar oleh guru fisika yang sama. Dalam pelaksanaannya, peneliti memberikan pretest, mengamati pembelajaran dan memberikan posttest. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa keterlaksanaan aspek pembelajaran dengan model pengajaran langsung sebesar 78,57%, dan dengan model kooperatif sebesar 73,22%. Perbedaan persentase keterlaksanaan ini terletak pada pelaksanaan aspek penerapan strategi pembelajaran yang mendidik dan penerapan pendekatan saintifik. Selain itu, peningkatan higher order thinking skill siswa dengan model pengajaran langsung sebesar 0,37 dan dengan model kooperatif sebesar 0,35, keduanya berkategori sedang.

 

Kata kunci: higher order thinking skill, pengajaran langsung, kooperatif.

 

Abstract

Curriculum 2013 uses scientific approach in conducting teaching and learning process and this approach requires students to have higher order thinking skill. Higher order thinking skill is one of skills which can be acquired. Physics learning is one of tools to sharpen higher order thinking skill; teachers’ role is essential part of it. Variations of activity, which are done by teacher, can influence the transfer of knowledge of the students. In SMAN 15 Surabaya, the output of students learning in rotations dynamics subject are lower than others. It indicated that there had not yet found the appropriate model of learning which can increase the higher order thinking skill. The model frequently used in SMAN 15 Surabaya was direct instruction and cooperative. To provide a solution for the problem, this research has a certain purpose to determine the carried out of learning aspect with direct instruction and cooperative, as well as the increase of higher order thinking skill. The research design is descriptive quantitative, using two classes as the research samples in which the students from those classes have the same of academic’s ability and physics teacher. In the implementation process, researcher run pre-test, observed the learning process, and run a post-test. From the data analysis, the result showed that the learning achievement using direct instruction reached 78.57% while the cooperative model reached out 73.22%. The difference of percentages lies on the aspect of educating-learning strategy and scientific approach. Besides, the increase of higher order thinking skill using the direct instruction reached out 0,37 and the cooperative reached out 0,35. The category is average.

 

Keywords: higher order thinking skill, direct instruction, cooperative.

Published
2015-07-06
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 45