Penerapan Pembelajaran Guided Discoverypada Materi Fluida Dinamik dengan Media PhETuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sooko

  • ANITA KRISDIANA INTER

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran guided discovery pada materi fluida dinamik dengan media PhET pada kelas eksperimen dan alat percobaan sederhana pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen dan kontrol keterlaksanaan pembelajaran mendapat skor masing-masing 3,6 dan 3,5 dengan kategori sangat baik, hasil belajar mengalami peningkatan masing-masing 0,6 berkategori sedang dan 0,7 berkategori  tinggi, serta respon siswa terhadap pembelajaran mendapat persentase masing-masing 77,19% dan 79,46% dengan kategori sangat baik. 

 

Kata kunci: guided discovery, PhET, alat percobaan sederhana, fluida dinamik, hasil belajar siswa.

 

Abstract

This research aims to analyze students’ learning outcomes after application of guided discovery learning in dynamic fluid material using PhET for experimental class and a simple experimental tools for control class. The results showed that on the experimental and control classes the score of feasibility study are 3,6 and 3,5 both catagorized as went very well, the increased of learning outcomes are 0,6 catagorized as medium and 0,7 catagorized as high also the percentage of students' response to the learning  process are 77,19% and 79,46% both catagorized as very good.

 

Keywords: guided discovery, PhET, simple experimental tools, dynamic fluid, students’learning outcomes.

Published
2015-07-06
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 38