PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERPINDAHAN KALOR DI KELAS X SMA NEGERI 1 GEGER MADIUN

Authors

  • NUR AINI ATUSH SHOLIHAH KM

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v4n2.p%25p

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Geger Madiun diketahui bahwa sekolah tersebut belum menerapkan pembelajaran yang membuat siswa aktif khusunya untuk materi perpindahan kalor. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan model pengajaran guided discovery dengan pendekatan saintifik yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran guided discovery dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perpindahan kalor di kelas X SMAN 1 Geger Madiun. Rancangan penelitian ini adalah true experimental design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X – MIA. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas eksperimen (X – MIA 1, X – MIA 2, dan X – MIA 3) dan kelas kontrol (X – MIA 4). Hasil analisis uji normalitas dan homogenitas terhadap hasil pretest didapatkan semua kelas terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis uji-t dua pihak didapatkan thitung hasil belajar siswa dari tiga kelas eksperimen berturut-turut sebesar 16,17; 29,54; dan 23,58 dengan ttabel sebesar 2,00, karena thitung tidak berada pada -ttabel< thitung< ttabel maka hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji-t satu pihak dan didapatkan nilai thitung tiga kelas eksperimen berturut-turut adalah 16,17; 29,54; dan 23,58  dengan ttabel sebesar 1,67, karena thitung> ttabel, maka hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran guided discovery  dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perpindahan kalor di kelas X SMAN 1 Geger Madiun dan siswa memberikan respons baik terhadap terhadap pembelajaran yang diterapkan.

Kata Kunci: Model pembelajaran guided discovery, Pendekatan saintifik, Hasil belajar siswa, Perpindahan kalor

Abstrack

Based on observation, SMA Negeri 1 Geger Madiun has not implemented students active learning. Therefore, the researcher tried to apply guided discovery model with scientific approach. The aims of the research to describe the implementing guided discovery model with scientific approach to develop learning outcome in heat transfer topic 10th grade SMA Negeri 1 Geger Madiun. The design of this research is true experimental design. The population is all of the students of X – MIA. The sample are three experimented classes of (X - MIA 1, X - MIA 2, and X - MIA 3) and the controlled class (X - MIA 4). The results of the analysis of normality and homogeneity test against pretest results obtained all classes normally distributed and homogeneous. Based on the results of t-test analysis the two parties, tcount of learning outcome obtained from three experimented class at 16.17; 29.54; and 23.58 with ttable at 2.00, because tcount not on -ttable<tcount<ttable the results of experimented classes is different with learning outcome in the controlled class. from the t-test of the parties and obtained tcount of three experimented classes are respectively 16.17; 29.54; and 23.58 with ttabel is 1.67.The value of tcount>ttable. It mean the  learning outcome of experimented classes is better than the learning outcome of controlled class. Based on result of analysis, guided discover model with scientific approach could improve learning outcome on heat transfer topic grade 10th SMAN 1 Geger Madiun and got good response.

Key words: Guided discovery, Scientific approach, Critical Thingking, heat transfer

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-07-06
Abstract views: 22 , PDF Downloads: 29