Konsepsi Siswa Tentang Pengaruh Gaya pada Gerak Benda Menggunakan Instrumen Force Concept Inventory (FCI) Termodifikasi

  • CHYTA ANINDYA PERTIWI

Abstract

Fisika merupakan cabang ilmu sains yang membahas fenomena alam dengan segala dinamika fisisnya. Salah satu materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran fisika di SMA khususnya pada kinematika dan dinamika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi siswa kelas XI terhadap Hukum Newton tentang pengaruh gaya pada gerak benda meliputi pemahaman konsep siswa dan penyebab kesalahan konsep yang bersumber dari siswa menggunakan instrumen FCI yang dimodifikasi dengan penambahan alasan terbuka pada setiap butir soal atau yang dikenal dengan two-tier multiple choice items. Penggunaan instrumen FCI untuk mengukur pengetahuan formal tentang mekanika yang bersifat kualitatif (deskriptif). Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan konsepsi siswa terhadap Hukum Newton tentang pengaruh gaya pada gerak benda yang dikategorikan Paham Konsep Lengkap (PKL) sebesar 1,62%, Paham Konsep Sebagian (PKS) sebesar 9,37%, Menebak (Mn) sebesar 7,09%, Kurang Paham Konsep (KPK) sebesar 1,73%, Miskonsepsi (MK) sebesar 79,88% dan Tidak Paham Konsep (TPK) sebesar 0,31%. Persentase penyebab miskonsepsi yang bersumber dari siswa meliputi pemikiran asosiatif siswa sebesar 2,96%, alasan siswa yang tidak lengkap atau salah sebesar 14,09%, intuisi siswa yang salah sebesar 82,96%, sedangkan untuk prakonsepsi siswa dan pemikiran humanistik siswa sebesar 0%.

 

Kata kunci: konsepsi, FCI, two-tier, miskonsepsi

 

Abstract

Physics is a branch of science which discuss about nature phenomenon and all its physics dynamics. One of physics learning material of Senior High School and misconception often appears on it especially about kinematics and dynamics. The objective of this research is to describe the conception of Grade XI students on Newton’s Law include student’s concept understanding and the cause of concept mistake based on students using FCI instrument that modified by additional open reason on each problem number or that is known as “two-tier multiple choice items”. The use of FCI instrument is to measure formal knowledge about qualitative mechanics (descriptive). Based on research result, got many kinds of students’ on Newton’s Law that can be categorized as: 1.62% students “Understand Full Concept”, 9.37% students “Understand Half Concept”, 7.09% students “Just Guest the Concept”, 1.73% students “Lack of Concept Understanding”, 79.88% students “Misconception”, 0.31% students “Don’t Understand the Concept at All”. The height of misconception percentage is caused by: 2.69% for students’ associative consideration, 14.09% for incomplete or wrong students’ reason 82.96% for students’ wrong intuition, and 0% for students’ preconception and students’ humanistic consideration.

 

Key words: conception, FCI, two-tier, misconception

Published
2015-07-06
Abstract Views: 324
PDF Downloads: 299