PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PENGUKURAN TARAF INTENSITAS BUNYI BERBASIS VISUAL ANALYSER SEBAGAI MEDIA  PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN BUNYI

  • FIKRI HABIBI

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan alat peraga pengukuran taraf intensitas bunyi berbasis Visual Analyser sebagai media pembelajaran fisika materi pokok gelombang bunyi. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan alat peraga, hasil belajar siswa setelah menggunakan alat peraga, dan motivasi siswa terhadap pembelajaran fisika dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga dikembangkan dengan model penelitian Borg & Gall yang dibatasi pada lima tahapan. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 15 siswa kelas XII  dengan replikasi 3 kelas berbeda. Sesuai dengan hasil validasi kepada 2 dosen dan 1 orang guru fisika, didapatkan nilai kelayakan alat peraga sebesar 88,54% dan layak digunakan. Hasil uji coba pada 3 kelas diperoleh hasil belajar siswa pada 3 kelas berturut-turut pada aspek pengetahuan sebesar 3,18 (B+), 3,37 (B+), 3,61 (A-), aspek keterampilan dengan predikat A-, B+, B+, serta  nilai sikap dengan modus Sangat Baik. Minat siswa yang menggambarkan motivasi siswa terhadap penggunaan alat peraga diperoleh dari angket menunjukkan persentase berturu-turut sebesar 82,7%; 85,30%; 84,50%  yang tergolong dalam kriteria sangat baik dan mempunyai pengaruh positif terhadap motivasi siswa.

 

Kata Kunci: Alat peraga, taraf intensitas bunyi, motivasi, pembelajaran fisika

 

Abstract

 

 

The Research  has been done is aimed to describe the results of the development of Sound intensity level measurements modeling instrument using Visual Analyser as physics learning medium of sound waves basic material. The specific objectives of this research to describe the advisability of instrument, student learning outcomes after using the instrument, and the motivation of students in physics learning by using instrument. The Instrument developed by using Borg & Gall research model which is limited to five steps. The research was conducted on 15 students of XII  Senior High School by 3 replications  by different classes. According to the results of the validation to 2 lecturers and 1 teacher of physics, obtained advisability of instrument value is 88.54% and fit for use. The trial results on three classes obtained student learning outcomes in three classes in a row in the aspect of knowledge are 3.18 (B +), 3.37 (B +), 3.61 (A-) for aspects of skills get predicate A-, B + , B + and the value  attitude for mode Very Good. Students interest which describe the motivation of students to use instrument obtained from the questionnaire show percentage in a row of 82.7%; 85.30%; 84.50% were classified in very well criteria and have a positive influence on students motivation.

 

Keywords: Modeling instrument, sound intensity level, motivation, physics learning.

Published
2015-07-06
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 87