PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN RANAH KOGNITIF, RANAH AFEKTIF, DAN RANAH PSIKOMOTOR PADA HUKUM OHM

  • SINTIA DEWI ARISANDI

Abstract

Peneliti telah melakukan penelitian untuk mengembangkan pengembangan perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor pada Hukum Ohm. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan serta mendeskripsikan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dalam pembelajaran fisika di SMA Senopati Sidoarjo. Rancangan pengembangan pembelajaran dalam penelitian ini mengadaptasi penelitian pengembangan model 4D (four D model) yang terdiri dari: tahap define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Dalam penelitian ini hanya menggunakan sampai tahap pengembangan. Standar kompetensi yang ditetapkan adalah menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi. Subyek  penelitian adalah perangkat pembelajaran fisika SMA yang mengintegrasikan ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor pada Hukum Ohm. Uji coba terbatas pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan terhadap 15 siswa kelas X jurusan Ilmu Alam  SMA Senopati pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Simpulan dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan memiliki kategori baik dan layak diterapkan dalam proses pembelajaran materi fisika di SMA Senopati; 2) Keterlaksanaan pembelajaran fisika menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan secara keseluruhan dapat berjalan dengan baik dan efektif yang meliputi respon siswa, hasil belajar siswa, dan proses keterlaksanaan pembelajaran dengan perangkat yang dikembangkan.

 

Kata kunci: perangkat pembelajaran, four D model, ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor

 

Abstract

The researcher has conducted research to develop a learning model that integrates the development of cognitive, affective, and psychomotor domains on Ohm 's Law. The purpose of this study is to describe the feasibility of developed learning tools, describe the use of learning model in Senopati Senior High School Physics. The development in this study was adopted from 4D model. Those are define, design, develop, and disseminate. This study only used three stages to the development stage. The Competence standards established by the concept of electricity in various problem-solving of technology products. Subjects of the study were high school physics learning model that integrates cognitive, affective, and psychomotor domains in Ohm's Law. Limited trial study was conducted on 15 students of 10th grade of Senopati Senior High School Department of Natural Sciences year 2014/2015. From the research results it can be concluded that : 1 ) the learning model that has been developed as a whole categorized well and fit for use in teaching physics in Senopati Senior High School; 2 ) Process of physics learning using learning models that have been developed as a whole can work well and effectively which includes the responses of students, student learning outcomes, and the enforceability of the learning process with a developed device.

 

Keywords: learning model,  four D model, cognitive, affective, and psychomotor

Published
2015-10-01
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 121