Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Teknik Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas Kelas X SMA Negeri  1 Bluluk Lamongan

  • UMMU SALAMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran koopreatif tipe STAD dengan teknik Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar siswa kelas pada materi elastisitas, dengan mengamati respon siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik Giving Question and Getting Answer. Jenis penelitian  menggunakan true eksperimental design. Populasi penelitian adalah  seluruh siswa kelas X–Mia SMA Negeri 1 Bluluk. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang dipilih secara acak. Hasil pretest ranah pengetahuan dianalisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan pada  analisis uji normalitas dan homogenitas pada ranah pengetahuan, maka diperoleh semua kelas terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis uji-t dua pihak didapatkan thitung  kelas  eksperimen  dan kelas kontrol adalah 5,79 dengan nilai ttabel  sebesar 2,00, maka  hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol karena thitung  tidak berada pada –ttabel< thitung < ttabel  Nilai pada uji-t satu pihak kelas eksperimen sama dengan thitung pada uji-t dua pihak dengan ttabel   sebesar 1,67.  Hasil ini  menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih unggul daripada kelas kontrol karena thitung>ttabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif  tipe STAD dengan teknik Giving Question and Getting Answer meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi elastisitas. Dari angket respon yang telah disebar diperoleh 51,4% menyatakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan teknik Giving Question and Getting answer sangat menarik.

 

Kata Kunci : Pembelajaran  kooperatif  tipe STAD, Giving Question and Getting Answer,  Hasil belajar .

 

 

Abstract

The purpose of the research determined  the learning outcomes from learning by cooperative model type STAD with Giving Question and Getting Answer on the elasticity topic by response of the students. This research used a true experimental design. The population was the entire 10th grade MIA SMA Negeri 1 Bluluk. The sample were two experimented classes and one controlled class that selected by random sampling.The pretest result analyzed with normality and homogeneity test.Based on the analysis tests of normality and homogeneity, all classes were normal distribution and homogeneous. Based on the results of two-tailed t-test obtained tcount experimented class and control class is 5.79. ttable value was 2.00. So the hypothesis was accepted. It showed the average results of learning outcome experimented class was better than controlled class because tcount not on –ttable <tcount <t table. The value of one sample t-test experimented class equally with of two tailed t-test with ttable value was 1.67. It showed the average learning outcome of experimented class was better than the controlled class because tcount> ttable. The other results showed that cooperative model type STAD with Giving Question and Getting Answer improved learning outcome in elasticity topic, student response got 51.4% said that cooperative model type STAD with Giving Question and Getting Answer was very interesting.

Keywords: Cooperative  type STAD, Giving Question and Getting Answer, Learning Outcomes

Published
2015-10-01
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 35