IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH DENGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS X DI SMA NAHDLATUL ULAMA’ 1 GRESIK

  • DESY EKA WAHYUNI

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah.  Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud  meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengkomunikasikan. Siswa dilatih untuk mampu berfikir logis, runut dan sistematis, dengan menggunakan kapasistas berfikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill/HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi berbasis pada Taksonomi Bloom yang direvisi terdapat tiga ranah kognitif yang menjadi bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi analisa, evaluasi, dan mencipta. Setiap siswa memiliki tingkat kecerdasan berbeda-beda yang akan berdampak pada pilihan strategi, teknik dan model pembelajaran guru. Penelitian ini mendeskripsikan implementasi pembelajaran scientific approach yang diterapkan dalam kurikulum 2013, serta terasahnya keterampilan berpikir siswa melalui soal evaluasi dengan Taksonomi Bloom yang direvisi terutama dalam materi alat-alat optik. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Experimental Design dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA dengan pemilihan sampel berupa purposive sampling dan sampel penelitian adalah kelas X MIA 3, X MIA 4, dan X MIA 5 di SMA Nahdlatul Ulama’ 1 Gresik. Hasil uji normalitas dan homogenitas diketahui bahwa semua kelas berdistribusi normal dan bersifat homogen sebagai kelas eksperimen dengan replikasi dua kali. Keterlaksanaan pembelajaran scientific approach dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki oleh siswa setelah diterapkannya dalam pembelajaran fisika pada materi alat-alat optik kelas X di SMA Nahdlatul Ulama’ 1 Gresik berkategori baik. Profil berpikir tingkat tinggi yang dimiliki oleh siswa adalah keterampilan problem solving sebesar 91%, keterampilan berpikir kreatif sebesar 66%, keterampilan berpikir kritis sebesar 66%, dan keterampilan pengambilan keputusan sebesar 56%. Respons siswa berdasarkan angket menunjukkan respons positif berkategori kuat dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menerapkan pendekatan sains (scientific approach) pada materi alat-alat optik kelas X di SMA Nahdlatul Ulama’ 1 Gresik.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa, pembelajaran dengan diterapkannya scientific approach dapat melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) siswa kelas X di SMA Nahdlatul Ulama’ 1 Gresik.

 

 

Kata kunci: Implementasi, Scientific Approach, Higher Order Thinking Skills,  Alat-alat Optik

 

 

Abstract

The study of 2013 curriculum emphasize on modern pedagogic dimension, using scientific approach. The scientific approach including observating, asking question, logical reasoning, experimenting, and communicating. Students trained to be able to think logically, trace and systematic, using High Order Thinking Skill (HOTS). The revised High Level Thinking Skills based on Bloom's Taxonomy has three cognitive domain  which take parts in the high thinking order, those are analysis, evaluation and creating. Every student has different level of  intelligence which impact the strategy, technique and the way of teaching. This research describes the implementation of the study of scientific approach which is used in the 2013 curriculum, and also the student's thinking skill which trained through the evaluating question using revised Bloom's Taxonomy specially in the material optics. This research is the Pre Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design. The population of this research is the students of X MIA class with the selection sample formed as purposive sampling and the research sample are X MIA 3, X MIA 4, and X MIA 5 in Senior High School Nahdlatul Ulama' 1 Gresik. All the class were distributing normally and homogeneously as the experiment class with double replication as the results of normality and homogeneity. The process of scientific learning approach in the effort to improve high order thinking skill which is owned by students after applied in physic on the optics material in X class in Senior High School Nahdlatul Ulama' 1 Gresik has a good category. The profile of high thinking skills which owned by the student are problem solving about 91%, creative thinking skill about 66%, critical thinking skill about 66%, and the decision making skill about 56%. Student responses based on questionnaires show the positive responses with a strong category in the process of cooperative study jigsaw type using scientific approach in the optics material in X class Senior High School Nahdlatul Ulama' 1 Gresik. Based on the research result, the teaching methods which using  scientific approach can train high-level thinking skills (higher order thinking skills) class X in SMA NU 1 Gresik.

 

Keywords: Implementation, Scientific Approach, Higher Order Thinking Skills, Optical Instrument.

Published
2015-10-01
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 84