PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAY GAME (RPG) PADA MATERI KALOR

  • AJI SANTOSA bm

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Role Play Game (RPG)  pada materi kalor. Tujuan penelitian adalah untuk menguji kelayakan media pembelajaran berbasis Role Play Game (RPG) pada materi kalor. Kelayakan sebuah media ditinjau dari tiga aspek yaitu aspek validitas, kepraktisan dan efektivitas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan dengan langkah penelitian meliputi analisis potensi dan masalah, pengembangan produk, validasi ahli dan revisi, uji coba dan perolehan draf akhir berupa kelayakan dari media pembelajaran. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan mendapatkan media pembelajaran yang sangat layak untuk digunakan (88,28 %) berdasarkan penilaian validator yang terdiri dari 3 orang dosen, 1 orang guru Fisika dan 1 orang pakar media pada penggunaan materi, penyajian serta tata bahasa yang baik. Kepraktisan berdasarkan uji coba yang telah dilaksanakan mendapatkan beberapa kendala diantaranya media pembelajaran yang dikembangkan tidak dapat digunakan pada laptop dengan sistem operasi Mac pada Apple hal ini dikarenakan media pembelajaran yang dikembangkan adalah media dengan basic Windows. Kendala ini dapat diatasi dengan penggunaan laptop dengan basic Windows secara bergantian. Efektivitas media pembelajaran berdasarkan respon siswa menunjukkan media pembelajaran sangat layak untuk digunakan (81,9 %).  Untuk penelitian selanjutnya diharapkan adanya pengembangan Middleware yang lebih baik sehingga grafik yang  dihasilkan akan lebih baik lagi dan akan meningkatkan minat siswa untuk menggunakan media pembelajaran berbasis Role Play Game (RPG) ini.

 

Kata kunci: Role Play Game (RPG),Middleware,kalor

 

 

                                                                                                   Abstract

Has conducted research based instructional media development Role Play Game (RPG) as learning media on the material of heat. The research objective was to test the feasibility of Role Play Game (RPG) as learning media on the material of heat. The feasibility of a medium in terms of three aspects: validity, practicality and effectiveness. Type of research is the research and development with research steps include analysis of the potential and problems, product development, validation expert and revision, testing and acquisition of final draft form of the feasibility of instructional media. Results of the research that has been carried out to get a very decent learning media to be used (88.28%), based on an assessment validator consisting of three lecturers, 1 teacher of Physics and one media experts on the use of the material, as well as the presentation of good grammar. Practicality is based on trials that have been carried out to get some constraints including developed learning media can not be used on a laptop with the Apple Mac operating system this is because the developed learning media is media with basic Windows. This obstacle can be overcome with the use of a laptop with basic Windows interchangeably. The effectiveness of instructional media based learning media student responses indicate a very feasible to use (81.9%). For further research are expected for development of better Middleware so graph will be better and will increase the interest of students to use Role Play Game (RPG) as learning media.                                        

 

Keywords:Role Play Game (RPG), Middleware, heat

Published
2015-10-01
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 36