Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesstment, Satisfaction) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Perpindahan Panas Siswa Kelas X SMAN 1 Sumenep

  • ISA YUDAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, hasil belajar siswa dan respons siswa setelah diterapkan model pembelajaran ARIAS. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design dengan desain penelitian pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X-MIA di SMAN 1 Sumenep  yang berjumlah enam  kelas. Sampel penelitian terdiri atas satu kelas eksperimen (X-MIA 7) dan dua kelas replikasi yaitu kelas X-MIA 6 dan  X-MIA 5 yang jumlah siswa tiap kelasnya sebanyak 36 orang. Hasil pretest dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, didapatkan hasil bahwa kelas yang digunakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji-t berpasangan terhadap hasil pretest dan posttest didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest setelah diterapkannya model pembelajaran ARIAS. Hal ini terbukti dengan hasil thitung yang lebih besar dari ttabel. Kemudian dilakukan perhitungan uji n-gain untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran ARIAS. Berdasarkan hasil perhitungan, hasil belajar mengalami peningkatan dengan kategori sedang. Uji ANAVA juga dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan yang signifikan antar kelas yang digunakan sebagai penelitian.  Berdasarkan hasil perhitungan tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antar kelas atau dapat dikatakan hasil belajar yang didapat bersifat konsisten. Hasil belajar aspek keterampilan dan sikap juga mengalami peningkatan yang positif setelah diterapkannya model pembelajaran ARIAS.

 

Kata Kunci: model pembelajaran ARIAS, hasil belajar

Abstract

This research is to describe the implementation, student’s learning outcomes and student’s responses toward ARIAS learning model.This is quasi experiment design with pretest posttest design. The population is all ofXth-MIA students in SMAN 1 Sumenep that consist of six classes. The sample of this research consist of an experiment class (X-MIA 7) and two replications(Xth-MIA 6 andXth-MIA 5) with 36 students each class. The result of pretest analyzed by normality test and homogenity test. Based on normality and homogenity test, discovered that the sample is normal distributed and also homogenous. Based on t-paired test analyze toward pretest and posttest result reported such a significally difference among pretest and posttest result in implementation of ARIAS learning model. This has proven by experimental evidence tcalculation greater than ttabel. n-gain test calculation shows that student’s learning outcomes improve at medium cathegory. Whereas, ANAVA test result indicate no significally difference among the classes. So the student’s learning outcomes is consistence. Psychomotoric and affective aspec also make a positive improvementby implementation of ARIAS learning model.

 

Keywords: ARIAS Learning Model, Student’s Learning Outcomes.

Published
2015-10-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 40