Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Materi Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangsal

  • HANIK MUYASSAROH

Abstract

Dalam pelajaran fisika, lemahnya penguasaan konsep fisika dan minat belajar siswa pada umumnya disebabkan oleh pembelajaran fisika cenderung tidak menarik, menjenuhkan dan sulit dimengerti sehingga seringkali pembelajaran yang dilaksanakan cenderung monoton dan siswa akan merasa bosan untuk mengikuti pembelajaran di kelas. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mengubah anggapan siswa mengenai pelajaran fisika dan agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses pada materi kalor terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangsal. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif eksperimental dengan desain Redomized Control Group Pretest Postest Design. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan tes. Hasil analisis dari keterlaksanaan pembelajaran pendekatan keterampilan proses pada kelas eksperimen dan kelas replikasi, secara keseluruhan dapat dilaksanakan dengan kategori sangat baik. Hasil analisis uji-t kesamaan rata-rata (uji-t dua pihak) diperoleh bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan taraf kesalahan 5%, sedangkan hasil dari analisis uji-t satu pihak (uji-t pihak kanan) diperoleh bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan taraf kesalahan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (kelas X MIA 1) dan replikasi 1 ( X MIA 5), replikasi 2 (X MIA 6) lebih baik daripada kelas kontrol (kelas X MIA 4). Respon siswa dari kelas ekpserimen dan kelas replikasi menunjukkan persentase respon dengan kriteria sangat tinggi terhadap pembelajaran pendekatan keterampilan proses.

 

Kata kunci: Pendekatan Keterampilan Proses, Hasil Belajar.

 

 

ABSTRACT

 

In physics, the lack of mastery of the concepts of physics and student interest is generally caused by learning physics disposed not attractive, saturating and difficult to understand that learning is often performed monotonous and students will feel bored to follow lessons. One effort that can be used to change the assumptions regarding the physics lessons and students so that students do not feel bored in learning by using process skills approach. The purpose of this research to describe the application process skills approach on results of study calor class X State of High School 1 Bangsal. Type of research is quantitative experimental design Redomized Control Group Pretest Posttest Design. Methods of data collection using observations, questionnaires and tests. The results of the analysis of the enforceability of the learning process skills approach the experimental class and class replication, as a whole can be implemented with very good category. The results of t-test analysis similarity average (t-test two sides) is obtained that H0 rejected and H1 accepted by the standard error of 5%, while the results of t-test analysis of the side (t-test right side) shows that H0 is rejected and H1 received with error level of 5%. This shows that results for students in the experimental class (class X MIA 1) and replication 1 (X MIA 5), replication 2 (X MIA 6) is better than the control class (class X MIA 4). The response of students from class and class ekpserimen replication indicates the percentage of responses with very high criteria of the learning process skills approach.

 

 

Keywords: Process Skills Approach, Results Of Study.

Published
2016-07-24
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 47