PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN SPOT CAPTURING PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SMAN 1 CAMPURDARAT
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v5n1.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa, dan respon siswa setelah diterapkan metode pembelajaran spot capturing serta mendeskripsikan keterlaksanaan dan kendala – kendala selama penerapan metode pembelajaran spot capturing. Rancangan penerapan menggunakan pre – experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek uji coba penelitian ini yaitu kelas X-1, kelas X-8, dan kelas X-9. Uji n-gain dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran spot capturing. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh, keterlaksanaan metode pembelajaran spot capturing pada materi perpindahan kalor di SMAN 1 Campurdarat terlaksana dengan baik. Peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran spot capturing pada materi perpindahan kalor di kelas X SMAN 1 Campurdarat meningkat dengan kategori sedang. Penerapan metode pembelajaran spot capturing di kelas X SMAN 1 Campurdarat mendapatkan respon yang baik. Kendala yang dihadapi dihadapi saat penerapan metode pembelajaran spot capturing adalah kesalahan teknis pada pemutaran animasi saat pembelajaran berlangsung dan waktu untuk memperagakan fenomena terlalu singkat.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Spot Capturing, Hasil Belajar
Abstract
This research aims to describe conducting, improving students’ outcomes, students’ respon after applied spot capturing method, and to describe obtacles when face application of spot capturing method. This research designed the use of pre – experimental by research designed One-Group Pretest-Posttest. The subject of the research was all of the classes X-1, classes X-8, class and X-9 class. N-gain test was done to knew “how is improving students’ outcomes by using of spot capturing method”. Based on the analyzed and discussion were applied spot capturing method of haet subject at SMAN 1 Campurdarat very well. The improve of studets’ achievement after that implementation of spot capturing method of heat subject at X class in SMAN 1 Campurdarat can improve with medium category. The responses’ students at SMAN 1 Campurdarat of implementation of spot capturing method get a good response. Obstacles encountered when the implementation of spot capturing method were technical error at showing animation when lesson study and visual time too short.
Keywords: Spot capturing method, students’ outcomes
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

