PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SIMULASI GAME PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA UNTUK MENDUKUNG KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA

  • MUHAMMAD SYAWALUDDIN ABDILLAH

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis simulasi game pada pokok bahasan gerak parabola untuk mendukung ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis simulasi game   berdasarkan tiga aspek yaitu validitas dari dosen ahli, keefektifitasan serta kepraktisan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Develpoment ( R& D)  hingga tahap pengembangan produk sehingga hanya dilakukan sampai uji coba terbatas.  Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa media interaktif berbasis simulasi game  dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan skor 3,11 berdasarkan validasi dari dosen ahli. Sedangkan respon positif siswa diperoleh persentase sebesar 95,45% menyatakan media simulasi game  sangat layak dan hasil belajar siswa diperoleh ketuntasan sebesar 73,33%. Adapun kepraktisan media pembelajaran berdasarkan keterlaksanaan media simulasi game  dalam pembelajaran diperoleh persentase sebesar 84,00% dinyatakan terlaksana. Dari penilaian 3 aspek tersebut yaitu validasi dosen ahli, kepraktisan dan keefektifitasan dalam proses pembelajaran bahwa media simulasi game  yang dikembangkan dikatakan layak.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Interaktif, Simulasi Game,

 

Abstract

Have been conducted research on the development of media-based interactive learning simulation game on the subject of parabolic motion to support the completeness of student learning outcomes. This study aims to determine the feasibility of media-based interactive learning simulation games based on three aspects: the validity of lecturers, effectiveness and practicality in the learning process. This study uses Reseach and Develpoment (R & D) to the product development phase that are performed only limited testing. Results from the study show that the development of interactive media-based simulation game to be eligible for use in the learning process with a score of 3.11 based on validation of lecturers. While the positive response of students obtained a percentage of 95.45% said media simulation game very worthy and student learning outcomes obtained completeness of 73.33%. The practicality of media-based learning simulation game implemented media in the learning obtained a percentage of 84.00% declared accomplished. The assessment of 3 aspect is validation  lecturers, practicality and effectiveness in the learning process that the media simulation game developed is feasible.

 

Keywords: Interactive Learning, Simulation Game  

Published
2016-07-26
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 88