PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIK KELAS X DI SMAN 1 KREMBUNG SIDOARJO

Authors

  • AMILATUTH THOYYIBAH

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v5n2.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran guided inquiry, keterampilan berpikir kritis siswa (kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan), aktivitas keterampilan  berpikir kritis siswa, dan respon siswa.  Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian  pre experimental dengan rancangan penelitian  “One Group Pre-test Post-test” dengan 1 kelas implementasi dan 2 kelas replikasi, yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Data diperoleh dengan  melakukan observasi, pemberian soal pre-test  dan post-test, serta angket respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran guided inquiry berkategori sangat baik. Sedangkan untuk keterampilan berpikir kritis siswa, pada kompetensi pengetahuan  hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan  n-gain untuk mengetahui besarnya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, n-gain score untuk kelas implementasi sebesar 0,79, kelas replikasi I sebesar 0,79, dan kelas replikasi II sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Selanjutnya dilakukan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test yang menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa terjadi secara signifikan. Setelah itu dilakukan uji ANAVA, diketahui bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis  pada ketiga kelas tersebut konsisten. Selanjutnya untuk kompetensi sikap pada ketiga kelas berkategori baik. Untuk kompetensi keterampilan, berkategori baik. Aktivitas keterampilan berpikir kritis berketegori sangat baik, demikian pula untuk respon siswa  berkategori sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan  model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis  siswa pada materi fluida statik kelas  X  di SMAN 1 Krembung.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran guided inquiry, keterampilan berpikir kritis siswa, fluida statik.

 

Abstract

This research aims to describe the implementation of  learning and teaching process by applying guided inquiry learning and teaching model, students’ critical thinking skill, activities, and responses. This sudy is a “One Group Pre-test Post-test” quantitative descriptive design using 1 implementation class and 2 replication classes, each of them has 36 students. The data was collected by doing observation, giving a pre-test before conducting treatment and giving post-test after conducting treatment and questionnaire for students. The results of the study obtained showed that the implementation of guided inquiry learninng and teaching model could be implemented well and it got very good responses from students. Meanwhile, for students’ critical thinking skill, on the result of pre-test and post-test analyzed by    n-gain test to know the improvement of students’  critical thinking, n-gain score for implementation class is 0.79, replication I is 0.79, and replication II is o.72 with high category. Then, significant t-test was done to find out whether there was a significant difference on the results of pre-test and post-test wich showed that the improvement of students’ critical thinking skill was significant. After that, ANAVA test was conducted, and it was found that the improvement of students’ critical thinking of the three classes was consistent. From the result obtained, it can be concluded that the implementation of guided inquiry learning and teaching model can improve students’ critical thinking on static fluid matter of class X at SMAN 1 Krembung Sidoarjo.

 

Keywords: Guided inquiry learning and teaching model, students’ critical thinking skill, static fluid.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-26
Abstract views: 19 , PDF Downloads: 29