Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Metode Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perpindahan Kalor di Kelas X SMAN 1 Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v5n2.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode active knowledge sharing terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X MIA di SMAN 1 Nganjuk, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari empat kelas yaitu satu kelas kontrol (X MIA 3), satu kelas eksperimen (X MIA 4), dan dua kelas replikasi (X MIA 5 dan X MIA 6). Berdasarkan hasil analisis uji-t dua pihak didapatkan thitung hasil belajar siswa dari satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi berturut-turut sebesar 5,27; 5,25; dan 6,07 dengan ttabel sebesar 2,00, karena thitung tidak berada pada ttabel<thitung<ttabel maka hasil belajar siswa kelas eksperimen dan replikasi berbeda dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji-t satu pihak dan didapatkan nilai thitung satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi berturut-turut sebesar 5,27; 5,25; dan 6,07 dengan ttabel sebesar 1,67, karena thitung > ttabel, maka hasil belajar kelas eksperimen dan repliksi lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol. Hasil uji analisis varians mendapatkan Fhitung sebesar 0,54, Ftabel sebesar 2,70, karena Fhitung < Ftabel maka hasil belajar ketiga kelas (kelas ekseprimen, kelas replikasi I, dan kelas replikasi II) tersebut memiliki nilai yang konsisten. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode active knowledge sharing terlaksana dengan sangat baik. Hasil belajar siswa yang meliputi tiga aspek (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) memperoleh rata-rata nilai untuk kelas kontrol, kelas eksperimen, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2 berturut-turut adalah 62,88; 88,45; 89,15; dan 90,87, hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode active knowledge sharing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas yang biasa diajar menggunakan pembelajaran yang ada di sekolah. Analisis hasil respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode active knowledge sharing mendapatkan respons positif dari siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata respons siswa secara keseluruhan memperoleh persentase yang tinggi dan berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode active knowledge sharing berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor di kelas X SMAN 1 Nganjuk.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Metode Active Knowledge Sharing, dan Hasil Belajar Siswa.
Abstract
This research aims to descript influence of Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning type by active knowledge sharing method for learning outcomes of students. This is true experimental design research with research instrument of observation, test, and questionnaire sheets. Design of research uses pre-test and post-test control group design. Population of this research is student of X MIA in SMAN 1 Nganjuk while sample of the research consists of four classes that is one control class (X MIA-3), one experimental class (X MIA-4), and two replication class (X MIA-5 and X MIA-6). Based on two parties t test analysis, it obtains tcalculated of learning outcomes from one experimental class and two replication class 5,27; 5,25; and 6,07 respectively with table = 2,0, because t-calculated stands on –table < tcalculated < ttable then learning outcomes of students in experimental and replication class are different with in control class. Next, one party t-test is conducted and result in tcalculated of one experimental class and two replication class is 5,27; 5,25; and 6,07 respectively and table = 1,76, because tcalculated > ttable, then learning outcomes of students in experimental class and replication class are better than in control class. Then one way ANOVA test, it obtains Fcalculated is 0,54, because Fcalculated < Ftable so the third grade learning outcomes are consistent. From results of the research, it obtains that materialization of NHT cooperative learning type by active knowledge sharing is materialized well. On three aspects (knowledge, attitude, and skill), it obtains mean value of 62,88; 88,45; 89,15; and 90,87 in one control class, one experimental class, and two class replication. This indicates that learning outcomes in experimental and replication class is better than in control class. This shows that results for students in the classes using Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning type with active knowledge sharing method is higher than the learning outcomes of students in regular classes using learning in school. From analysis results of students response to Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning type with active knowledge sharing method obtains positive response from the students.
Keywords: Numbered Heads Together (NHT) of cooperative learning type, active knowledge sharing method, and students’ learning outcomes
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

