PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MOTIVASI ARCS DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERPINDAHAN KALOR DI KELAS X SMAN 1 MOJOSARI

Authors

  • MIFTAH RAHMALIA ARIYATI

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v5n2.p%25p

Abstract

Pendidikan berperan penting bagi kemajuan sebuah bangsa dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan dalam pendidikan yang memiliki peranan penting dalam pembentukan dan pengembangan intelektual. Studi pendahuluan dilakukan di SMAN 1 Mojosari menunjukkan 57,33% siswa belum termotivasi pada kegiatan awal pembelajaran, 54,67% siswa tidak mengetahui manfaat pembelajaran, 65,33% siswa tidak percaya diri dapat menguasai pembelajaran, dan 49,33% siswa tidak mengetahui kesimpulan dari pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan strategi motivasi ARCS dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, hasil belajar, dan respons siswa setelah diterapkannya strategi motivasi ARCS dalam model  pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi perpindahan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian pre-experimental design. Hasil analisis uji normalitas dan homogenitas terhadap hasil pretest didapatkan ketiga kelas terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis uji-t berpasangan didapatkan thitung berturut-turut 13,75; 12,18; 20,66 dengan ttabel 1,70, karena thitung>ttabel maka ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest. Selanjutnya dilakukan analisis n-gain didapatkan skor 0,69 untuk kelas X MIA 1 yang peningkatannya berkategori sedang dan berturut-turut kelas X MIA 2 dan X MIA 3 adalah 0,75 dan 0,78 berkategori peningkatannya tinggi. Secara umum strategi motivasi ARCS berpengaruh pada hasil belajar siswa terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran adalah sangat baik, hasil belajar siswa pada ketiga kelas berturut-turut mendapatkan rata- rata nilai 88,99; 88,15; 88,70, dan respons yang diberikan oleh siswa adalah sangat baik.

Kata kunci: Strategi motivasi ARCS, model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar, perpindahan kalor

 

Abstract

Education is very important for national science and technology development. As one of science branch in education world, physics has important role on forming and developing intellectual. Preliminary study in SMAN 1 Mojosari showed that 57,33% of the students have not been motivated at the beginning of the learning activity, 54,67% of students did not know the benefits of learning, 65,33% students were not confident to complete the learning, and 49,33% of students did not know the conclusion of the study that have been done. One effort to overcome this problem by applying the ARCS motivation strategies in guided inquiry learning model. The purpose of this research was to describe the learning process, result of student’s learning process, and student’s response after ARCS motivational strategies in guided inquiry learning model implementation on heat transfer course. This research is using quantitative research method in pre-experimental research design. The results of the analysis of normality and homogeneity of the student’s pretest showed that three classes normally distributed and homogeneous. Based on the results of paired t-test analysis were t count 13.75; 12.18; 20.66 with 1.70 t table, because tcount>ttable so there are significant difference between the results of the pretest and posttest results. Further analysis n-gain obtained a score of 0.69 for class X MIA 1 that the increase is being categorized and X MIA 2 MIA 3 was 0.75 and 0.78 with high improvement category. In general, ARCS motivation strategies gave an effect on result of the student’s learning proved by the increased number of the student’s learning result. Results from the research showed that the learning process was very good, results of the student’s learning process in all three classes in a row to get the average value of 88,99; 88,15; 88,70, and the responses given by the students was very good.

 

Keywords: ARCS motivation strategies, guided inquiry learning model, result of student’s learning process, heat transfer course.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-26
Abstract views: 35 , PDF Downloads: 37