PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QURAN PADA MATERI PERGERAKAN MATAHARI, BUMI, DAN BULAN UNTUK KELAS VIII SMP/MTS

Authors

  • RIZKY ADITAMA

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v5n2.p%25p

Abstract

Salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan kualitas siswa dari segi akhlak dan intelektual adalah dengan menyusun Kurikulum 2013 yang mengintegrasikan nilai-nilai spiritual ke dalam pembelajaran. Untuk memaksimalkan pengintegrasian tersebut, diadakan penelitian pengembangan buku ajar IPA terintegrasi ayat-ayat Al-Quran yang bertujuan untuk menguji kelayakan buku ajar tersebut dari segi valid, efektif, dan praktis. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan pokok, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan validasi oleh para ahli, kelayakan komponen materi adalah 90,63%, kelayakan komponen penyajian sebesar 89,92%, kelayakan komponen bahasa sebesar 84,17%, dan kelayakan komponen spiritual sebesar 85,52%. Persentase validitas tersebut menunjukkan bahwa kelayakan buku dari segi valid sangat baik. Kepraktisan buku ajar diketahui  dari keterlaksanaan pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran sebesar 94,84% yang menunjukkan bahwa kepraktisan buku ajar sangat baik. Keefektifan buku ajar diketahui dari ketuntasan hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 100% untuk kompetensi keterampilan dan 93,33% untuk kompetensi pengetahuan. Persentase ketuntasan tersebut menunjukkan keefektifan buku ajar sangat baik. Hasil tersebut juga didukung dengan persentase respon positif siswa dan guru terhadap buku ajar, yaitu sebesar 99,09% dan 96,43%.

Kata Kunci: Buku Ajar IPA, Ayat-Ayat Al-Quran, Pergerakan Matahari-Bumi- Bulan

 

Abstract

One of goverment way to increase moral and intelectual quality of student is composing Curriculum 2013 which is integrate spiritual values into the learning process. To maximize the integration, conducted the research development of natural science textbook integrated with Al-Quran verses which is aimed to verify worthiness of the book from its validity, effectiveness, and practicability. This type of the research was ADDIE model, which containing 5 main steps, they are: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Based on experts validity, material component worthiness was 90,63%, presentation component worthiness was 89,92%, language component worthiness was 84,17%, and spiritual component worthiness was 85,52%. The validity percentage showed the worthiness of the textbook from its validity was excellent. The textbook practicability was known from learning visibility percentage. The learning visibility percentage was 94,84% thus the book practicability was excellent. The textbook effectiveness was known from the completeness of student’s learning outcome. The completeness of student’s learning outcome was 100% in skill aspect and 93,33% in knowledge aspect. The percetage of the completness showed the book efectiveness is exelent. The result also supported by the posive respons percentage of each student and teacher to the textbook were 99,09% and 96,43%.

Keywords: Natural Science Textbook, Al-Quran verses, and Sun-Earth-Moon Movement.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-26
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 76