PENERAPAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MODEL PENCAPAIAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

  • ELLYA ESTRI SEPTIANINGRUM

Abstract

Abstrak

Interaksi antara siswa dengan siswa serta guru dengan siswa yang kurang  menyebabkan siswa merasa jenuh karena tidak terlibat secara aktif selama pembelajaran berlangsung. Keaktifan siswa dalam berinteraksi di dalam kelas diyakini turut mempengaruhi pemahaman konsep yang dimiliki siswa. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa sekaligus mengutamakan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran interaktif dalam model pencapaian konsep dengan memperhatikan hasil belajar dan respon siswa. Hasil belajar yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa pada materi usaha dan energi. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian yaitu siswa XI IPA di SMA Negeri 1 Tuban, sebanyak 7 kelas,  namun sebagai sampel yang diuji normalitas dan homogenitasnya hanya 2 kelas yaitu kelas XI IPA 6 dan XI IPA 7. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas kelas XI IPA 6 dipilih sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t berpasangan dan uji gain ternormalisasi yang dilakukan pada hasil pretest dan posttest. Hasil analisis data menggunakan uji-t berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil pretest dan posttest. Sedangkan hasil analisis data pretest dan posttest menggunakan uji gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan hasil belajar pada sampel penelitian yang berkriteria sedang. Selain itu juga diperoleh persentase rata-rata pengelolaan pembelajaran sebesar 78,75 % yang berkriteria baik, rata-rata penilaian afektif  sebesar 80,95 yang berkriteria sangat baik dan rata-rata respon siswa terhadap model pembelajaran interaktif dalam model pencapaian konsep sebesar 85,72 %  juga berkriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran interaktif dalam model pencapaian konsep pada materi usaha dan energi telah terlaksana sesuai dengan yang direncanakan dan telah dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam berinteraksi. Selain itu walaupun secara klasikal belum dapat memenuhi standar KKM namun pembelajaran dalam peneltian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Interaktif, Model Pencapaian Konsep, Usaha dan Energi.

Published
2014-04-09
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 47