Pengaruh Penerapan Pembelajaran Socrates Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Newton

  • ALFIYAH NURJANNAH

Abstract

Abstrak

Penelitian yang telah dilaksanakan di kelas X SMAN 1 Krian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran Socrates terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika pada materi hukum Newton, mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan metode pembelajaran Socrates dalam pembelajaran fisika pada materi hukum Newton, dan mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Socrates pada pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif true-experimental design dengan desain penelitian Randomized control-group pretest-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Krian. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas eksperimen (X IPA 2, X IPA 3, X IPA 5) dan satu kelas kontrol (X IPA 1). Hasil pretest dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, didapatkan hasil bahwa semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji korelasi dan regresi untuk mendeskripsikan hubungan antara metode pembelajaran Socrates dengan keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis korelasi dan regresi, diperoleh hasil bahwa metode pembelajaran Socrates berpengaruh positif dengan koefisien korelasi kelas (X IPA 2, X IPA 3, X IPA 5) berturut-turut sebesar 0,9106; 0,9296; 0,8654 dengan koefisien determinasi secara berturut-turut sebesar 82,92%; 86,41%; dan 74,89%. Hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Socrates secara keseluruhan dikategorikan baik dan siswa mempunyai respons yang positif dengan rata-rata persentase dari masing-masing pernyataan yang diberikan lebih dari 75%.

 

Kata Kunci: metode pembelajaran Socrates, keterampilan berpikir kritis

 

 

Published
2014-04-12
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 67