Profil Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Elastisitas Ditinjau dari Gaya Belajar (Learning Style)
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v3n2.p%25pAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan antara gaya belajar dengan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Taman Sidoarjo. Sampel penelitian ini adalah satu kelas yaitu XI IPA 1. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi didapatkan bahwa gaya belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi berdasarkan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,286 dengan persamaan regresi Y=83,08+0,12X untuk gaya belajar visual, koefisien korelasi sebesar 0,086 dengan persamaan regresi Y=87,67+0,03X untuk gaya belajar auditori, selanjutnya koefisien korelasi sebesar 0,326 dengan persamaan regresi Y=77,14+0,20X untuk gaya belajar kinestetik. Selain itu, hubungan gaya belajar dan hasil belajar siswa diperoleh koefisien korelasi 0,432 dengan persamaan regresi Y=82,20+0,11X untuk gaya belajar visual, koefisien korelasi negatif -0,390 dengan persamaan regresi Y=95,43-0,09X untuk gaya belajar auditori dan koefisien korelasi 0,015 dengan persamaan regresi Y=89,73+0,01X untuk gaya belajar kinestetik.
Kata Kunci: Gaya belajar, kemampuan pemecahan masalah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

