PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 5E DENGAN MATERI PESAWAT SEDERHANA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 GEDANGAN KELAS VIII

  • CATUR ADRIAN SARI PRASTIWI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi learning cycle tipe 5E dalam pembelajaran Fisika pada sub pokok bahasan pesawat sederhana terhadap hasil belajar sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitianPra-Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A, VIII-B, VIII-C, VIII-D, VIII-E, VIII-F, dan VIII-G. Hasil uji Normalitas dan homogenitas diketahui bahwa semua kelas berdistribusi normal dan bersifat homogen. Sehingga diambil sampel penelitian kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan berkategori baik; nilai rata-rata LKS mencapai lebih dari 80%; presentase aspek afektif menunjukkan berkategori baik; aspek psikomotor menujukkan bahwa nilai siswa mencapai ketuntasan melebihi KKM yang telah ditetapkan; dan aktivitas siswa di kelas menunjukkan bahwa memiliki kualitas keaktifan yang baik; respons siswa berdasarkan angket positif dalam pelaksanaan pembelajaran Fisika dengan strategi learning cycle pada sub pokok bahasan pesawat sederhana. Berdasarkan pada hasil penelitian analisis uji t dua pihak diperoleh hasil belajar siswa kelas VIII-A (kelas eksperimen) berbeda dengan kelas VIII-B (kelas kontrol), karena masing – masing (thitung= 2,16)> (ttabel=2,02). Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dari nilai rata-rata gain ternormalisasi untuk kelas eksperimen adalah <0,32> dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan diterapkannya strategi pembelajaran learning cycle tipe 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gedangan.

 

Kata kunci: Penerapan, strategi pembelajaran learning cycle tipe 5E, hasil belajar, pesawat sederhana.

Published
2014-04-18
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 66