PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SEBAGAI PENUNJANG MEDIA JELAJAH ANTARIKSA V.2 PADA MATERI TATA SURYA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS IX SMP DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIAL TO SUPPORT MEDIA JELAJAH ANTARIKSA V.2 IN THE SOLLAR SYSTEM MATERIAL TO TRAIN THE PROCESS SKILL OF STUDENT ON GRADE IX OF JUNIOR HIGH SCHOOL

  • RIZKA JUMATIN JANNAH BM

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, mendeskripsikan keterlaksanaan perangkat pembelajaran, serta mendeskripsikan keterampilan proses yang dilatihkan pada siswa dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan. Rancangan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi hingga tahap develop. Analisis penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sebagai penunjang media jelajah antariksa v.2 pada materi tata surya untuk melatih keterampilan proses siswa kelas IX SMP yang telah dikembangkan secara keseluruhan berkatagori sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran fisika ditinjau dari seluruh aspek. Kelayakan berdasarkan validasi para ahli/pakar meliputi kelayakan silabus 83%, RPP 83%, handout 82%, LKS 79% dan Lembar penilaian (LP) 84%. Keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan secara keseluruhan berjalan dengan baik dan efektif yang meliputi  hasil belajar siswa secara keseluruhan tuntas dengan persentase 100% dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 82, siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran yang diterapkan, dan proses keterlaksanaan dalam pengelolaan pembelajaran sangat baik dengan persentase 89%. Keterampilan proses yang dilatihkan pada siswa meliputi mengamati; mengklasifikasi;  berkomunikasi; menjelaskan/menguraikan; mengumpulkan, mencatat, dan menafsirkan data secara keseluruhan telah tercapai dan mendukung kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan  dengan rata-rata persentase sebesar 90%.

 

Kata Kunci: media jelajah antariksa v.2, perangkat pembelajaran, keterampilan proses, dan model 4D 

Abstract

Purpose of this research are to describe the feasibility of teaching material are developed, describing the feasibility study, and describe process skill of students trained in using the device developed. The design of learning development using 4-D model of development that is limited to develop stage. Analysis of research is quantitative descriptive. The results showed that the learning to support media jelajah antariksa v.2 in the sollar system material to train the process skill of student on grade IX of junior high school that has been developed as a whole categorized as very good and fit for use in teaching physics in terms of all aspects. Feasibility validation by the experts / specialists include feasibility syllabus 83%, lesson plans 83%, handouts 82%, work sheet 79% and Sheet assessment (LP) 84%. Feasibility study physics using teaching material that have been developed as a whole worked well and effectively which includes student learning outcomes as a whole finished with a percentage of 100% with the highest value of 95 and the lowest 82, the students gave a positive response to applied learning, and process feasibility in management of learning very well with the percentage of 89%. Process skills are trained in the process include examining student; observing; classifying; communicating; infering; collecting, recording, and interpreting data as a whole has been achieved and to support the feasibility study that was developed with an average percentage of 90%.

 

Keywords: media jelajah antariksa v.2, teaching material, process skill, and 4D model.

Published
2014-04-18
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 52