Penerapan Metode GW-ACCESS Menggunakan LKS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI Pada Materi Usaha dan Energi

  • MARATI HUSNA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hasil belajar kognitif siswa yang belajar menyelesaikan soal usaha dan energi dengan metode GW-ACCESS menggunakan LKS. Metode penelitian yang digunakan adalah Post Test Only Group Design dengan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Post Test diberikan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen setelah mendapat perlakuan. Berdasarkan analisis hasil Post Test, disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif siswa yang belajar menyelesaikan soal usaha dan energi dengan metode GW-ACCESS menggunakan LKS lebih tinggi daripada hasil belajar kognitif siswa yang belajar menyelesaikan soal dengan metode konvensional. Pembelajaran dengan metode GW-ACCESS menggunakan LKS selama dua kali pertemuan juga terlaksana dengan baik. Siswa pun memberikan respons yang positif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan.

 

Kata Kunci: penyelesaian soal, usaha dan energi, metode GW-ACCESS

 

Abstract

This research aims to describe cognitive learning outcome of work and energy in grade XI implemented by GW-ACCESS method using student worksheet. The research method used is Post Test Only Group Design. Post Test was given to describe cognitive learning outcome of problem solving activity implemented by GW-ACCESS method using student worksheet and those by conventional method. Based on the result, it can be concluded that there is a significant result in improving cognitive learning outcome of work and energy implemented by GW-ACCESS method using student worksheet compared with those by conventional method. The feasibility of lesson by implementing GW-ACCESS method using worksheet during two meetings are good. Student also gave positive responses to the lesson had done.

 

Keywords: problem solving, work and energy, GW-ACCESS method

Published
2014-05-01
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 21