PENERAPAN  PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP  HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 SUKOMORO

  • RINI PUJI LESTARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa siswa kelas X di SMAN 1 Sukomoro memiliki keterampilan proses sains untuk mengajukan hipotesis, menentukan variabel dan merancang percobaan yang masih rendah. Siswa akan mudah memahami konsep jika disertai contoh konkret, dengan mempraktekkan sendiri.  Salah satu pembelajaran yang melatihkan keterampilan proses sains dan mengarahkan siswa untuk menemukan konsep adalah model pembelajaran guided discovery. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan pendekatan keterampilan proses sains dalam model pembelajaran guided discovery. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan mendeskripsikan respons siswa.  Metode dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pre test and post test group design. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas X-1 (kelas kontrol) dan X-5 (kelas eksperimen). Data yang diperoleh adalah hasil post test, skor keterlaksanaan pembelajaran dan respons siswa. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan statistik uji hipotesis. Berdasarkan analisis uji t dua pihak diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen yang menerapkan keterampilan proses sains dalam model pembelajaran guided discovery berbeda dengan rata-rata nilai post test kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah, karena thitung > ttabel. Dari hasil analisis uji t satu pihak diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata nilai post test kelas kontrol. Kesimpulannya bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol,  pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains dalam model guided discovery terlaksana dengan baik, dan siswa memberikan respons baik selama pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci: pendekatan keterampilan proses sains, model pembelajaran guided discovery, suhu dan kalor, hasil belajar

Published
2014-05-01
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 36