Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dengan Teknik Card Sort Pada Materi Fluida Statik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Puri Mojokerto

  • PUTRI SEPTA NUGRAHANGGRAINI

Abstract

Abstrak

Penelitian yang telah dilaksanakan di kelas XI SMAN 1 Puri Mojokerto ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan teknik card sort terhadap hasil belajar pada materi fluida statik, mendeskripsikan aktivitas (keterampilan kooperatif) siswa selama kegiatan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan teknik card sort, dan mengetahui respons siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan teknik card sort. Penelitian ini merupakan penelitian pra-experimental design dengan desain penelitian One group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI IPA 3) dan kelas replikasi (XI IPA 4). Hasil pretest dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, didapatkan hasil bahwa semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji korelasi dan regresi untuk mendeskripsikan hubungan antara pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) menggunakan teknik card sort dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis korelasi dan regresi, diperoleh hasil bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan teknik card sort berpengaruh positif dengan koefisien korelasi kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 berturut-turut sebesar 0,97 dan 0,90 dengan koefisien determinasi secara berturut-turut sebesar 94,63% dan 80,49%. Aktivitas (keterampilan kooperatif) selama kegiatan pembelajaran yang dominan adalah keterampilan bertanya, berada dalam kelompok, dan mendengarkan dengan aktif, sedangkan aktivitas yang jarang dilakukan adalah menyelesaikan tugas tepat pada waktunya. Secara keseluruhan siswa mempunyai respons yang positif pada kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 secara berturut-turut dengan persentase sebesar 89% dan 86%.

 

Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), teknik card sort, hasil belajar

 

Abstract

Have been implemented in class XI SMAN 1 Puri Mojokerto is aimed at describing the influence of cooperative learning type TPS (Think Pair Share) with the technique card sort of learning results in a static fluid material, described activity (cooperative skill) student during learning activities cooperative type TPS (Think Pair Share) with technique card sort, and knowing the response of students to the application of the cooperative learning type TPS (Think Pair Share) with the card sort technique. This research is quantitative research pre-experimental design with research design One group pretest – posttest design. The population in this study are students of class XI in SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. The sample in this study consists of two classes, namely class experiment (XI IPA 3) and replication (XI IPA 4). Pretest results analyzed by use of its homogeneity and normality test. Based on its homogeneity and normality test, obtained results that all normal gaussian and homogeneous classes. Furthermore correlation and regression test was conducted to describe the relationship between cooperative learning type TPS (Think Pair Share) using the technique card sort results with student learning. Based on the analysis of correlation and regression, obtained results that cooperative learning type TPS (Think Pair Share) with the techniques card sort of positive effect with card the coefficient of correlation of Class XI IPA 3 and XI IPA 4 in a row of 0,97 and 0.90 with coefficient determination in succession of 94,63% and 80,49%. Activity (cooperative skills) for the activities of the dominant learning skills is asked, are in a group, and listen actively, while activity that is rarely performed complete the task on time. Overall the students had a positive response at the class XI IPA 3 and XI IPA 4 in a row with a percentage of 89% and 86%.

 

Keywords : cooperative learning type TPS (Think Pair Share), technique card sort, learning result.

 

Published
2014-05-01
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 39