Penerapan Pembelajaran Gerak Lurus dengan Media Pembelajaran Macromedia Flash dalam Menyajikan Grafik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa di  SMPN 3 Nganjuk

  • REFILIA NUR ARAFIANA

Abstract

ABSTRAK

 

Hasil observasi di SMPN 3 Nganjuk pada materi gerak lurus, diketahui bahwa siswa mampu memahami materi gerak secara teoritis, tetapi mengalami kesulitan dalam membuat, memaknai maupun menganalisis grafik. Untuk itu, diterapkan pembelajaran gerak lurus dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembelajaran gerak lurus dengan media pembelajaran Macromedia Flash dalam menyajikan grafik untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi ranah kognitif produk, kognitif proses, afektif dan psikomotor. Penelitian ini menggunakan desain  “Control group pre test-post test design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 3 Nganjuk. Sampel penelitian terdiri atas satu kelas eksperimen (VII H) dan satu kelas kontrol (VII G). Data yang diperoleh dari pre test dan post test dianalisis dengan statistik. Hasil pre test dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas, didapatkan semua kelas terdistribusi normal dan homogen. Nilai post test (hasil belajar) menunjukkan kemampuan siswa dalam memahami konsep gerak lurus, menganalisis data, dan menyajikan data dalam bentuk grafik. Analisis uji t dua pihak diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol, karena thitung > ttabel. Dari hasil analisis uji t satu pihak diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, hal ini juga terlihat dari ketuntasan belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan analisis Gain Score sebesar 0,7 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Analisis kinerja siswa oleh tiga pengamat, menunjukkan bahwa nilai kinerja siswa kelas eksperimen lebih baik dari nilai kinerja siswa kelas kontrol meliputi aspek kognitif proses, afektif dan psikomotor. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran gerak lurus dengan media pembelajaran Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMPN 3 Nganjuk.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Hasil Belajar, Grafik dan Gerak Lurus.

Published
2014-05-01
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 41