Pengaruh Penerapan Strategi Genius Learning Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas Di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Surabaya

  • CORNELIA ASTRI DEVI

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap penerapan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligences. Genius Learning merupakan suatu strategi pembelajaran yang menggunakan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu seperti pengetahuan tentang cara kerja otak, cara kerja memori, kepribadian, dan gaya belajar. Aplikasi strategi pembelajaran Genius Learning berbasis Multiple Intelligences melatihkan siswa mengakomodasi kecerdasan dominannya pada saat menerima pembelajaran. Pada penelitian ini hanya digunakan 3 kecerdasan majemuk dominan yang dimiliki siswa yaitu kinestetik, linguistik dan logika-matematis.Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN Surabaya dan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Berdasarkan hasil penelitan dengan menggunakan analisis uji-t dua pihak  didapatkan nilai thitung kelas eksperimen sebesar 4,250 dengan ttabel sebesar 1,670 yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Didapatkan pula hasil thitung analisis uji-t satu pihak sebesar 4,250 dengan ttabel sebesar 2,000 yang berarti bahwa nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol.Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligencesberjalan dengan baik.Semua aspek tahap pembelajaran sudah dilakukan dengan sistematis, hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan penerapan strategi ini mendapat respons positif dari siswa.

Kata kunci: strategi genius learning, multiple intelligences, aktif, dan hasil belajar.

 

ABSTRACT

This research aims to describe the feasibility of learning , student learning outcomes , and student responses to the implementation of the Genius Learning strategy based on Multiple Intelligences. Genius Learning is a learning strategy that uses knowledge from various disciplines such as knowledge about how the brain works , how memory works , personalities , and learning styles . Application Genius Learning strategy based on Multiple Intelligences to train accommodate students receiving intelligence dominance during learning . In this research only used three dominant intelligences, there are kinesthetic , linguistic and logical - mathematical . The research’s subject is student class XI at MAN Surabaya and type of research design is a Quasi Experimental Design . Based on the results of research by using t-test analysis of the two parties obtained t-count experimental class at 4.25 with t-table of 1.67 which means that there are differences in learning outcomes between the experimental class and the control class . Also obtained the results of t - test analysis of the t of 4.25 with t-table of 2.00 which means that the value of learning outcomes experimental class higher than the control class . Based on the analysis , it was found that the feasibility study by implementing a strategy based on Multiple Intelligences Learning Genius goes well . All aspects of the learning stage was done systematically , the experimental class learning outcomes are higher than the control class and implementation of this strategy gets a positive response from students .

 

Keywords: Genius Learning strategy, Multiple Intelligences, student learning outcomes, elasticity.

Published
2014-05-24
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 31