Penurunan Kesenjangan Pencapaian Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya pada Bab Usaha dan Energi

  • CITA SHOLIHAH PUTRI

Abstract

Abstrak

 

Kesenjangan pencapaian hasil belajar siswa menyatakan perbedaan nilai antara dua kelompok siswa yang signifikan. Kesenjangan pencapaian hasil belajar antara siswa kelas atas dan siswa kelas bawah dapat diantisipasi dengan pembelajaran yang banyak melibatkan interaksi antar mereka. Interaksi semacam ini dapat diperoleh melalui strategi pembelajaran tutor sebaya. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang hasil penerapan tutor sebaya terhadap penurunan kesenjangan pencapaian hasil belajar siswa kelas atas dan kelas bawah serta efektivitas penerapan tutor sebaya dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pretest-posttest design. Pada penelitian ini digunakan dua kelas sampel penelitian, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, pretest-posttest, dan angket respon. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data aktivitas tutor selama pembelajaran. Pretest-posttest digunakan untuk memperoleh data kemampuan kognitif siswa. Selisih kedua nilai diuji variannya sehingga didapat kesenjangan pencapaian hasil belajar siswa kelas atas dan kelas bawah tiap kelas sampel penelitian. Angket respon siswa digunakan untuk memperoleh efektivitas penerapan tutor sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenjangan pencapaian hasil belajar kelas eksperimen lebih kecil daripada kesenjangan pencapaian hasil belajar kelas kontrol. Nilai rata – rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol sementara simpangan baku kelas eksperimen lebih kecil daripada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan tutor sebaya dapat mereduksi kesenjangan pencapaian hasil belajar siswa kelas atas dan kelas bawah.

 

Kata Kunci : kesenjangan pencapaian hasil belajar, tutor sebaya, siswa kelas atas, siswa kelas bawah           

Abstract

 

Achievement gap was defined as significant difference in academic performance between groups of student. The gap between high achievers and low achievers could be prevented by doing learning activity which needs more interaction between them. This kind of learning is said to be peer tutor. The aims of this study were to describe application of peer tutor to reduce the achievement gap between high achievers and low achievers and to describe the effectiveness of peer tutor in learning. The type of research is quasi experiment with pretest-posttest design. There were two sample classes, experiment class and control class. Data obtained by using observation, pretest-posttest, and questionnaire. Observation used to obtain tutor activity data during classes. Pretest-posttest used to obtain the student’s score of knowledge. The difference of these scores were tested its variants in order to obtained the achievement gap between the high achievers and low achievers in each sample class. Questionnaire was used to obtain the effectiveness of peer tutor. The result showed that the achievement gap of experiment class was smaller than control class. The average of achievement score experiment class was greater than control class while the standard deviation of experiment class was smaller than control class. It can be conclude that the application of peer tutor can reduce the achievement gap between high achievers and low achievers.

 

Keywords             : achievement gap, peer tutor, high achievers, low achievers

Published
2014-05-24
Abstract Views: 144
PDF Downloads: 66