Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor

  • MOHAMMAD YUSUF RODHI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis prezi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi kalor . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Media dibuat dengan menganalisis KI-KD serta materi kalor. Kemudian disusun suatu disusun desain pembelajaran dengan menggunakan media prezi. Tahap selanjutnya adalah membuat prototype  media prezi yang kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Media yang sudah final kemudian diujicobakan ke siswa kelas VII B SMPN 1 Babat. Sebelum ujicoba diberikan pre test untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa sebelum mendapat perlakuan. Selain itu, juga dilakukan post test setelah belajar menggunakan media prezi untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa setelah perlakuan. Dari hasil pre test dan post test kemudian dihitung peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian, disimpulkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran berbasis prezi pada materi kalor yang memenuhi kriteria kelayakan baik dari segi materi maupun dari segi  format tampilan media, dengan kategori sangat layak. Media pembelajaran berbasis prezi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan n gain sebesar 0,32 dengan kriteria peningkatan sedang.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, prezi, berpikir kritis

 

Abstract

This study aims to develop learning media - based Prezi to improve critical thinking skills in the heat lesson. The method used in this study is a research and development ADDIE model ( Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Media were made by analyzing KI - KD on heat lesson. Then formulate a structured learning design using Prezi media . The next stage is to create a prototype of Prezi that will be validated by lecturer which is experts in heat lesson and learning media . The final media then tested to class VII B SMPN1 Babat . Before the test, students was given pre-test to determine students' critical thinking skills before getting treatment . In addition , also conducted post-test after study using Prezi to determine the critical thinking skills of the students after treatment . From the results of pre-test and post-test then calculated the students' critical thinking skills improvement. Based on the analysis of the results  of research, it was concluded that the learning media – based Prezi in the heat lesson has been generated with eligibility criteria in terms of both material and media display, with very decent category . Prezi media based learning can improve students' critical thinking skills with n gain of 0.32 with a moderate improvement criteria .

 

Keywords : learning media, prezi , critical thinking

 

Published
2014-05-24
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 146