Studi Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Spiritual (ESQ) dan Hasil Belajar Fisika Siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) di Wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik

  • WULAN LUTFI HERAWATI BM

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasi observasi pembelajaran fluida statis yang mengoptimalkan kecerdasan emosional spiritual sesuai indikator pembelajaran di kelas XI IPA dan mendeskripsikan hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan hasil belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAS di wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Penentuan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh, didapat 171 sampel dari 5 MAS yaitu MAS Tanwirul Qulub, MAS YKUI Maskumambang, MAS Ihyaul Ulum, MAS Mathlabul Huda, dan MAS Al Karimi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan observasi didapat bahwa para guru sudah menerapkan implementasi kecerdasan emosional spiritual (ESQ) baik di lingkungan sekolah dan dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis korelasi dan regresi antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan hasil belajar siswa didapatkan nilai koefisien korelasi masing-masing 0,636 dengan persamaan regresi Y=28,772+0,569X1.1 untuk kecerdasan emosional yang berarti tingkat hubungannya kuat, koefisien korelasi 0,583 dengan persamaan regresi Y=15,643+0,759X1.2 untuk kecerdasan spiritual yang berarti tingkat hubungannya sedang, selanjutnya koefisien korelasi 0,717 dengan persamaan regresi Y=2,313+0,419X1.1+0,483X1.2 untuk kecerdasan emosional dan spiritual secara bersama-sama yang berarti tingkat hubungannya kuat. Pada penelitian ini di peroleh kecerdasan emosional yang paling berpengaruh kuat terhadap hasil belajar siswa, sedangkan untuk kecerdasan spiritual memiliki pengaruh sedang. Akan tetapi berdasarkan analisis korelasi ganda kedua kecerdasan tersebut meiliki pengaruh kuat terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, hasil belajar

Abstract

This research objective is to describe the result of learning observation about static fluid that optimalize spiritual and emotional quotient according to exact 11th grade learning indicator and also to describe the relation between spiritual and emotional quotient to learning output. Population of this research is student of exact 11th grade MAS at Dukun distric under Gresik regency. To determine the sample of research we use surfeited sampling, then we get 171 sample of 5 MAS there is MAS Tanwirul Qulub, MAS YKUI Maskumambang, MAS Ihyaul Ulum, MAS Mathlabul Huda, and MAS Al Karimi. According to the result of the research with observation process we know that the teacher already apply the ESQ at school activity and also in the learning process. According to correlation and regression and spiritual quotient to the learning result we have 0,636 correlation to each other with regretion formula Y=28,772+0,569X1.1 for emotional quotient that means very close relation, correlation coeficient of 0,583 with regretion formula Y=15,643+0,759X1.2 for spiritual quotient that means sufficient level of relationship, then correlation coefficient of 0,717 with regretion formula Y=2,313+0,419X1.1+0,483X1.2 of emotional quotient and spiritual quotient together that means close relationship. In this research we know that the emotional quotient is more influencing to the learning output, wherears the spiritual quotient has sufficient inflince. But according to multiple correlation analysis those two kind of quotient have strong influence to learning output.

Keywords: emotional quotient, spiritual quotient, learning output.

Published
2014-05-24
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 28