Pengembangan Alat Peraga Percepatan Benda Untuk Menunjang Pembelajaran Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak

  • SALISA NUN SHIHA

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan alat peraga percepatan benda untuk menunjang pembelajaran fisika pada materi hukum Newton tentang gerak. Tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan teoritis alat peraga, hasil belajar, dan respons siswa setelah menggunakan alat peraga percepatan benda pada materi hukum Newton tentang gerak. Alat peraga percepatan benda merupakan alat peraga sederhana yang menerapkan prinsip hukum II Newton. Pada alat peraga percepatan ini terdapat troli yang meluncur pada bidang lintasan dan beban yang dapat dimanipulasi sesuai dengan prosedur percobaan. Berdasarkan percobaan tersebut didapatkan waktu tempuh yang digunakan troli untuk melewati lintasan yang telah ditentukan. Melalui persamaan hukum II Newton dapat ditentukan besarnya percepatan troli. Penelitian pengembangan ini sampai pada tahap uji coba terbatas yang dilaksanakan kepada 15 siswa kelas X. Sesuai dengan hasil validasi kelayakan kepada 2 dosen ahli dan 1 guru fisika, didapatkan kelayakan alat peraga sebesar 75,46%. Hasil ujicoba terbatas kepada 15 siswa kelas X di SMA Negeri 14 Surabaya dengan respons siswa sebesar 91 % yang dapat dikategorikan sangat positif.

 

Kata Kunci          : Alat peraga percepatan benda, hukum Newton, pembelajaran Fisika.

 

Published
2014-05-24
Abstract Views: 477
PDF Downloads: 371