Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TPS-HPIL (Hints and Peer Interaction Learning) Untuk Mengurangi Miskonsepsi Pada Materi Perpindahan Kalor Kelas VII SMP Negeri 2 Krian

  • ETY RIMADANI

Abstract

Abstrak                                                                    

Dalam penelitian ini dilakukan studi pendahuluan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Krian yang mengalami miskonsepsi pada materi perpindahan kalor, dengan potensi miskonsepsi: perbedaan perpindahan kalor dan perubahan suhu, energi panas mengalir sedangkan dingin tidak mengalir, warna tertentu berpengaruh pada radiasi, pada proses konduksi partikel tidak mengalir, proses konveksi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penurunan miskonsepsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Krian pada materi perpindahan kalor setelah melakukan model pembelajaran kooperatif TPS (think pair share)- HPIL (hints and peer interaction learning). Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-E dengan jumlah 30 siswa. Penggolongan tingkat pengetahuan di ukur menggunakan instrumen Certainty of Response Index (CRI) dengan tiga kriteria: Tahu Konsep (TK), Tidak Tahu Konsep (TTK), dan Miskonsepsi (MK). Sebelum dan sesudah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif TPS-HPIL siswa diberikan 10 soal pretest dan posttest yang dilengkapi dengan kolom CRI. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa mengalami penurunan miskonsepsi sebesar 2,8. Dari perolehan rata-rata soal pretest sebesar 6,17 menjadi 3,37 dari perolehan soal posttest. Dan secara signifikan dibuktikan dengan penghitungan uji t gain, yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel dengan perolehan thitung = 8.16 dan ttabel = 1.70.

 

Kata Kunci: Miskonsepsi, Model Pembelajaran Kooperatif TPS-HPIL, CRI (Certainty of Response Index)

 

Abstract

In this research was conducted an introduction study of students of SMP Negeri 2 Krian Grade VII who are experiencing a misconception on the material of heat transfer, with a potential misconception heat transfers: differences of heat transder and changes of temperature, heat energy flows whereas cold is not flowing, a specific colour effect on radiation, in conduction particles do not flows different with the  process of convection. This study aims to describe the decrease in misconceptions of heat transfer material in grade VII SMP Negeri  2 Krian  after performing cooperative learning model of TPS (think pair share)-HPIL (hints would peer interaction and learning). This research uses pre-built design experimental design with the form of one group pretest – posttest design. The sample used was Class VII-E with a total of 30 students. Classification level of knowledge in the use of instruments measuring Certainty of Response Index (CRI) with three criteria: Knows the concept (TK), do not know the concept (TTK), and Misconceptions (MK). Before and after the implementation of cooperative learning model TPS-HPIL students were given a pretest and posttest of 10 questions which is equipped with columns of CRI.Based on the research that has been done, students experience a decrease in misconceptions of 2.8. The average gain of pretest is 6,17 to 3.37 from  posttest questions. And significantly proved by calculating the gain, t test showed that the value of tcalculated > ttable with the acquisition of tcalculated = ttable = 1.70 and 8.16. 

 

Keywords: Cooperative Learning Model, Popular polling HPIL, CRI (Certainty of Response Index)

 

Published
2014-05-26
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 49