PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA KELAS X SMA NEGERI 4 SIDOARJO

Authors

  • NADIA DEWI EKA EMILIASARI

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAANPADA KELAS X SMA NEGERI 4 SIDOARJO

 

Pembelajaran di SMAN 4 Sidoarjo yang selalu mengandalkan ke aktifan guru khususnya mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan hanya akan berdampak ketidak aktifan siswa dalam menerima pelajaran. Model konvensional yang lama dilaksanakan pada proses pembelajaran tidak diubah oleh guru mata pelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh oleh siswa menjadi menurun. Dalam mengatasi hal ini diperlukan suatu perubahan dalam kegiatan pembelajaran salah satunya model pembelajaran kooperatif learning tipe two stay two stray. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran tipe two stay two stray dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui perlakuan pada materi pelanggaran hak mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperimen design, yaitu dengan subjek penelitian kelas eksperimen (X IPS I) dan kelas Kontrol (X IPS II). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Sidoarjo. Perlakuan kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan variabel terikat yaitu hasil belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi pelanggaran hak siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi sistematis dan tes. Data yang diperoleh dari tes yaitu pre-test dan post-test yang digunakan untuk mengetahui normalitas dan homogenitas sampel. Teknik analisis data menggunakan uji t-test untuk mengetahui perbedaan pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan

Hasil analisis data yang diketahui hasil observasi dikelas eksperimen dalam proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tipe two stay two stray diperoleh nilai rata rata 95,4%untuk guru dan 95,4% untuk siswa. Maka dari itu dapat termasuk kriteria baik sekali. Untuk hasil data tes dengan menggunakan t-test subjek nilai diperoleh hasil Fhitung = 2,27 < Ftabel=4,01. Hasilini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diberi perlakuan.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas Xdi SMAN 4 Sidoarjo.

Kata kunci: pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, hasil belajar, pendidikan kewarganegaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-27
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 20