EVALUASI PROGRAM TAMAN BACAAN MASYARAKAT MAJU JAYA DI KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO
Abstract
Berdasarkan Undang - Undang No. 20 Tahun 2003 tentang pendidikan, maka instrumen penunjang pemberant asan buta aksara melalui Pendidikan Non Formal (PNF) melalui program budaya baca dan pembinaan perpustakaan adalah Taman Bacaan Masyarakat (TBM) melalui program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Maju Jaya sebagai salah satu pendidikan non formal. Pemerin tahan Kabupaten Bojonegoro menjadikan sasaran dan arah pembangunan Kabupaten Bojonegoro 2013/2018 guna mendukung progam pembangunan sumber daya manusia serta mengentaskan buta aksara di kabupaten bojonegoro.penelitian ini yaitu mengetahui upaya,kendal - ken dala dan solusi pengelola Taman Bacaan Masyarakat dalam meningkatkan minat baca masyarakat Evaluasi program yang digunakan dalam penelitian evaluasi layanan taman bacaan masyarakat adalah model evaluasi CSE - UCLA penelitian ini layanan taman bacaan ma syarakat dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat di sekitar desa Kandangan kecamatan Trucuk kabupaten Bojonegoro Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif .hasil evalusi layanan taman bacaan Upaya yang telah dilakukan pengelola taman bacaan masy arakat mengelompokkan masyarakat menjadi beberapa kelompok sesuai dengan materi dan mendiskusikan hasil dari buku yang dibaca sehingga memudahkan mereka untuk mengerti dan memahami kendala – kendala dalam pelaksanan program ruang atau tempat untuk menyimpan buku ini menjadi salah satu faktor yang menjadikan suatu TBM Maju Jaya kurang maksimal .Solusi dalam menghadapi kendala – kendala upaya kegiatan berbagai upaya seprti halnya usaha produktif dan melakukan agar Taman bacaan masyarakat menjadi tem pat yang menyenangkan pada masyarakat dengan kata lain memasyarakatkan Taman Bacaan masyarakat. Kata kunci : Minat baca,Evaluasi program taman bacaan masyarakat
Abstract
Based on act No. 20 year 2003 concerning education, so the supporting instrument of illiterate eradication through non - formal education by learning culture program and library development was community reading corner (TBM) through Maju Jaya Community Reading Corner as a one of non - formal education. Bojonegoro District decide the direction and object development 2013/2018 to support human resources development program as well as illiterate eradication on Bojonegoro District. The aim of this research was to determine the efforts, problems, and solutions of community reading cor ner I improve societys reading interest. Program evaluation that applied in this research was CSE - UCLA evaluation model. The problem formulation of this research was how Community Reading Corner in the effort to improve communitys reading interest around of Kandangan village, Trucuk sub - District, Bojonegoro District by applied descriptive quantitative research approach. Evaluation result toward Community Reading Corner management were grouping community become several groups based on the matter and discuss the result of the book that read which facilitate the, to understand and comprehend. The problems in program implementation was space or books storage become one of factors that make Maju Jaya Community Reading Corner not optimal. Solutions in solv ing the problems was productive efforts and make the Community Reading Corner as a pleasant place in other words to popularize Community Reading Corner. Keywords : R eading interest, Community Reading Comer program evaluation
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

