PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA BAGI KELAS VIII SMP NEGERI 43 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi cahaya. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design, dengan subyek penelitian eksperimen kelas (VIII G) dan kelas kontrol (VIII I). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 43 Surabaya.Perlakuan kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur , sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Variabelyang diteliti adalah variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya kelas VII SMPN 43 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah adalah teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan. Hasil analisis data dari kelas ekperimen dalam proses penerapan model pembelajarankooperatif tipekepala bernomor struktur diperoleh hasil rata-rata untuk guru 91,10% dan diperoleh nilai rata-rata 88,88% untuk siswa . Untuk analisis data tes menggunakan uji t nilai pretes diperoleh hasil ttabel > thitung atau 2,000 > 0,446 dan untuk hasil post-test diperoleh thitung > ttabel6,290 > 2,000 maka dari itu menunjukkan adanya peningkatanhasil belajar siswa yang signifikan setelah diberi perlakuan. Selanjutnya untuk keaktifan siswa memperoleh hasilakhir 85,52%, halini menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan siswa yang meningkat secara signifikan setelah diberi perlakuan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajarn kooperatif tipe kepala bernomor struktur memiliki pengaruh postif terhadap kekatifan dan hasul belajar siswa proses pembe;ajarn IPA materi cahaya bagi kelas VIII SMP Negeri 43 Surabaya.
Kata Kunci: Pembelajan Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa
Abstract
The study aims to determine whether the impelementation of cooperative learning model numbered head stucture can iprove learning outcomes and student activation in science this light materials. The study design used is True Experiemntial Design, with experimental class research subjects (VIII G) and the control class (VIII I). This research was cunductedat SMPN 43 Surabaya . treatment experimental class byimplementing coopetaive learning model numbered head structure, while the class control with conventional learning. The variables studied were independentvariables the the application of cooperative model numberedhead structure andthe dependent variable is the learning ourcomes of students ini science subjects in class VIII SMPN 43 Surabaya. Data collection method uce is the technique of observation dan test. Data were analyzed using t-test to determine differences in learning outcomes in the experimental class after being treated. The results of the data analysis of the experimental class in the implementation of cooperative learning mode numbered head structure ontained by the averange value 91,10% for teachers and obtained the averange value of 88,88% for students. Foe analysis of the data using t-test values obtained pre-test result ttable > thitung > or 2,000 > 0,446 and for postest values obtained thitung > ttabel > or 6,290 > 2,000 and therefore show a significant in crease in learning outcomes after being treated. Thenext thing for the student activation get final score 85,52% it menas that student activatiob get raised significantly after being treated. The conclusion of this study indicate that the implemantion of cooperative learning model numbered head structure has a positive impact on student learning outcomes in science earning process light material for classs VIII SMPN 43 Surabaya.
Keywords:Learning Cooperative Numbered Head Structure,Learning Outcomes, Student Activation.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

