Authors

  • DOVI ARIS SANDI

Abstract

Pembelajaran adalah usaha mengelola lingkungan dengan sengaja agar seseorang membentuk diri secara positif dalam kondisi tertentu. Dalam kegiatan pembelajaran media mempunyai peranan penting apabila dalam penggunaanya disesuaikan dengan perangkat pembelajaranya, sehingga mampu merangsang minat siswa dalam memahami kontekstualisasi persoalan, banyak sekali macam media , baik audio, adio - visual, maupun 3 dimensi. VCD merupakan media audio visual yang memiliki banyak kelebihan. Dengan adanya SD Roushon Fikr yang sebelumnya guru belum menemukan media yang tepat untuk mata pelajaran pendidikan agama islam khususnya pada materi gerakan shalat. Diharapkan dengan media VCD tersebut nantinya akan dapat meningkatkan hasil belajar. Hasil analisis data dan pengujian menunjukkan peningkatan hasil belajar setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media VCD Pembelajaran, dengan  hasil uji t antara nilai siswa pre-test dengan post-test didapatkan t hitung sebesar 18,62 sedangkan nilai uji t tabel  dengan N 27- 1 = 26 adalah 0,388  (t hitung 18,62 > t tabel 0,388). Sehingga dapat dikatakan ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan. Uji t hitung menunjukkan kesimpulan H0 ditolak berarti ada perbedaan secara signifikan antara hasil belajar pembelajaran yang memanfaatkan media VCD Pembelajaran belajar shalat, dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media VCD Pembelajaran.  Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dengan menggunakan media VCD Pembelajaran lebih efektif meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media VCD Pembelajaran pada siswa kelas II kreatif SD Islam Roushon Fikr Jombang.

Kata  kunci:  pemanfaatan media VCD belajar shalat, hasil belajar siswa

Abstract

Teaching learning process is a program to develop the environment purposely in order to shape the character of the people positively in a certain condition.  In the teaching learning process media have a very crucial function that is appropietly used with the lesson plan, so that it can improve student interest in understanding problems. There are so many kinds of media, such as audio, audiovisual or three Dimensions. VCD is audio visual media that has so many features. There is no media in SD Roushon Fikr before and hopefully VCD can improve student stability in moslem education subject, especially in chapter sholat. Data analysis and  test results show after being given treatment by using the media VCD Learning, there is increased student learning outcomes in the  value category "Good" after treatment. T test results between the students' pre- test with post-test obtained t count  of 18,62 where as the test ttable values 0,388  (18,62 tcount> ttable 0,388) so that  members  increase  learning outcomes after treatment.  Test  showed  tcount   H0  rejected  conclusion meansbthatBthere are  significant differences between learningnoutbutilizing VCD Learning with media that do not use VCD media Learning. Conclusion The study showed that treatment with VCD Learning to use the media more effectively improve learning outcomes compared with those not using the media VCD Learning in the fourth grade students at SDI Roushon Fikr 27 second graders “creative class” jombang.

Keywords: the usage of teaching learning moslem prayers vcd, student learning result

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-20
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 50