PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PROSES FOTOSINTESIS PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN JAJARTUNGGAL III/452 SURABAYA

Authors

  • ALFITRI NISA KHOIRIYAH

Abstract

Mata pelajaran IPA pokok bahasan tumbuhan hijau tentang proses fotosintesis merupakan kegiatan pembelajaran, yangmana siswa diharapkan dapat mengidentifikasi proses fotosintesis pada tumbuhan. Berdasarkan hasil penelitian di SDN Jajartunggal III/452 Surabaya, masih banyak dari siswa yang kurang menguasai materi. Ini disebabkan oleh beberapa hal yakni, model pembelajaran guru yang konvensional dengan penjelasan materi yang verbalistik menggunakan sumber belajar berupa buku paket sekolah serta buku referensi, tanpa perantara media yang dapat mendukung proses pembelajaran. Sehingga berakibat pada siswa yang kesulitan menerima materi yang disampaikan guru. Tujuan pengembangan adalah untuk menghasilkan produk media video animasi dengan judul proses fotosintesis untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan R&D. Metode penelitian yang diambil adalah kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, angket dan tes. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh data kualitatif dari ahli materi dan 2 ahli media tentang media video animasi. Teknik angket digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang media dari uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kualitatif dari ahli materi, ahli media I, dan ahli media II bahwa media video animasi proses fotosintesis sangat baik. Berdasarkan penilaian kuantitatif untuk uji coba satu-satu 89,02% (sangat baik), uji coba kelompok kecil 82,72% (sangat baik), dan uji coba kelompok besar 80,89% (baik). Setelah itu dari hasil test diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (9,161>1,684). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video animasi proses fotosintesis ini dapat digunakan untuk memahami materi pelajaran IPA serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Jajartunggal III/452 Surabaya.

Kata Kunci: Pengembangan, media video animasi, proses fotosintesis, hasil belajar.

 

Abstract

Science subjects on the subject of green plant photosynthesis is a process of learning activities, students are expected to identify Which was the process of photosynthesis in plants. Based on the results of research on SDN Jajartunggal III/452 Surabaya, is still a lot of students who did not master the material. It is caused by several things, namely, teacher learning model with the conventional explanation verbalistic materials using learning resources such as school textbooks and reference books, without the intermediary of media that can support the learning process. Resulting in students who have difficulty receiving the materials submitted by teachers. The purpose of development is to produce a media product video animation titled photosynthesis process to improve student learning outcomes in Grade 5 Jajartunggal III/452 SDN Surabaya . Development models used in this research is the development of a model of R & D. The research method is qualitative and quantitative taken. Data was collected using interview techniques , questionnaires and tests. Interview technique is used to obtain qualitative data from matter experts and media experts about 2 animated video media. Questionnaire technique is used to obtain quantitative data on the media of individual testing, small groups and large groups. Mechanical tests are used to obtain quantitative data on student learning outcomes between before and after using the media. The results showed that a qualitative assessment of the matter experts, media experts I and II media experts that the media video animation process of photosynthesis is very good. Based on the quantitative assessment for the trial of the 89.02% (excellent), a small test group 82.72% (excellent), and test large groups 80.89% (good). After the test results obtained tgreater than ttable (9.161>1.684). It can be concluded that the process of photosynthesis animation video media can be used to understand the subject matter and the science to improve learning outcomes of students grade 5 Jajartunggal III/452 SDN Surabaya.

Keywords : development, media video animation, the process of photosynthesis, the result of learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-05-10
Abstract views: 247 , PDF Downloads: 627