PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK OPERASI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII SMPN 6 SUMENEP

Authors

  • SANTONI NURDIANSYAH

Abstract

Guru dalam pembelajaran dikelas tidak hanya memberikan materi tapi harus menentukan tujuan pembelajaran, metode dan model pembelajaran yang diterapkan. Keberhasilan guru dalam mengajar dapat dilihat dari proses pembelajaran dikelas. Guru harus mampu menciptakan kondisi dan situasi yang memungkinkan pembelajaran berlangsung secara aktif dan kondusif. Salah satunya dengan memperhatikan model pembelajaran yang digunakan.Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menimbulkan kebosanan, kurang paham dan monoton sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Salah satu model pembelajaran yang menuntut keaktifan seluruh siswa adalah model pembelajaran kooperatif yaitu pembelajaran yang didesain untuk melatih siswa mendengarkan pendapat-pendapat orang lain dan merangkum pendapat tersebut dalam bentuk lisan. Salah satu tipe model pembelajaran kooperatif adalah TGT (Teams Games Tournamet) yang merupakan sebuah pendekatan yang baik bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian di SMPN 6 Sumenep, karena terdapat permasalahan pembelajaran pada mata pelajaran matematika terutama pada materi pokok operasi bilangan pecahan kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata siswa lebih tinggi, hal itu terbukti pada tabel 4.4, dari post test kelas eksperimen lebih besar dari kelas control, 158 (rata-rata nilai 7,90) berbanding 143 (rata-rata nilai 7.15). Dari hasil ini diketahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) lebih membantu proses pembelajaran sedangkan, hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh melalui observasi di SMPN 6 Sumenep dengan sumber data guru pada proses pembelajaran pada standar kompetensi mengungkapkan pembalajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terdapat pengaruh lebih besar dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah dan praktek langsung karena didapatkan hasil 2,46 dari penerapan model pembelajaran kooepratif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan harga t tes pada ts0,05 = 1,70 dan pada ts0,01 = 2,46. Maka, 1.70<2.68> 2.46 (signifikan).
Kata kunci :pembelajaran, metode, model pembelajaran, kooperatif, TGT.


Abstract
The teacher in the learning in classroom not only provide the material but should specify learning objectives, method and model of learning is appilied to. The success of the teacher in teaching can be seen from the learning process in the classroom. Teachers should be able to create the conditions and situation of learning progress actively and conducive. One with attention to the learning model used. The use of inappropriate models of learning can lead to boredom, lack of familiar and monotonous so students are les motivated to learn. One of the learning models insist less cooperative learning is a model student. Namely learning that is designed to train students to listen to the opinions of others and summarize the opinions in the of oral. One of the model type learning is TGT (Teams Games Tournament) is a cooperative that is a good approach for a teacher to create active learning and improve students motivation in learnig. In this case the researchers do research in SMPN 6 Sumenep because there are proublems of learning in math subjects especially on subject matter fractions operating class VII. The result showed that the experiment class with an average score of students is higher, it is evident from table 4.4 of the popst test experimental class is larger than the control class, 158 (average 7,90) compared to 143 (average 7,15). This result from the known type TGT (Teams Games Tournaments) more helps the learning process, while the result of the data shows that the results gained through observation in SMPN 6 Sumenep with the source of data on teacher learning process on a standard of competence by applying math learning express learning cooperative type TGT (Teams Games Tournaments) there is greater influence
compared to using the direct method of lectures and practice immediately because it brings the results of applying the
learning model 2,46 cooperative type TGT (Teams Games Tournaments) eith a t test ts0,05 = 1,70 and ts0,01 = 2,46 then
1.70<2.68> 2.46 (significantly)
Key word : learning, method, learning cooperative model type TGT (Teams Games Tournament)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-05-13
Abstract views: 113 , PDF Downloads: 61