PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) TENTANG STATISTIKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI-IPS SMA NEGERI 1 TAMAN SIDOARJO

Authors

  • EROWATI

Abstract

Penggunaan komputer saat ini sudah mulai merambah pada dunia pendidikan, yaitu sebagai alat bantu siswa dalam belajar. Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer atau disebut CAI (Computer Assisted Instruction) merupakan media pembelajaran yang interaktif dan mandiri. Salah satu sekolah yang dianggap perlu mengembangkan media ini adalah SMA NEGERI 1 TAMAN SIDOARJO. Ketersediaan fasilitas sekolah yang dapat menunjang pembelajaran menggunakan komputer, belum dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, kepemilikan komputer oleh siswa di sekolah tersebut sekarang sudah tidak asing lagi. Berdasarkan hasil observasi, siswa kelas XI-IPS mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Matematika, khususnya pada materi Statistika.

Tujuan pengembangan media CAI adalah untuk menghasilkan media CAI yang dapat membantu mengatasi masalah belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pengembangan media CAI dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai dari identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain oleh ahli materi dan ahli media, revisi desain, dan uji coba produk. Analisis data diperoleh dari hasil pengisian daftar checklist oleh masing-masing ahli dan angket siswa. Sedangkan, untuk mengetahui keefektifan media CAI dalam meningkatkan hasil belajar digunakan analisis data menggunakan uji t.

Data yang diperoleh dari hasil uji coba berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil data kualitatif diperoleh dari data wawancara yang kemudian dilakukan analisis isi, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil perhitungan angket dan hasil tes. Hasil analisis data ahli materi diperoleh nilai 86,67 (baik), dan untuk ahli media diperoleh nilai 93,48 (baik). Pada proses uji coba produk yang dilakukan terhadap siswa dengan menggunakan instrument angket diperoleh nilai 89,50 (baik). Sedangkan, hasil analisis hasil belajar siswa dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung (14,71) > t tabel (1,697), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan setelah menggunakan media CAI Statistika. Jadi, media CAI Statistika Mata Pelajaran Matematika untuk siswa kelas XI-IPS dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMA NEGERI 1 TAMAN SIDOARJO.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media CAI (Computer Assisted Instruction)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-07-10
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 20