PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENGELOLA PERALATAN KANTOR di KELAS X APK-1 SMKN 1 BOJONEGORO

  • MEIRLYN JALMAV

Abstract

The objective of this research is to know teacher activity, student activity and learning result of student in class X grade APK 1 SMK N 1 Bojonegoro academic year 2011/2012, in the application of contextual teaching and learning (CTL) with direct instruction learning, model in office equipment management mattery. Is quality research in classroom action research (PTK) After observe and analyse that mattery, we got the data: the average of teacher activity value in each cycle is increase. In the first cycle the average of teacher activity is 2,07 in the second cycle is 3, however the average of student activity value in each cycle is increase to 2,15 and in the second cycle the average is 3. Classical mastery learning in the first cycle is the 15% and in the second cycle is 84%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa kelas X APK 1 SMK N 1 Bojonegoro tahun ajaran 2011/2012 dalam penerapan contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada mata diklat mengelola peralatan kantor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitiannya siswa kelas X APK 1. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus setelah melakukan penilitian dan menganalisisnya maka di peroleh kesimpulan sebagai berikut: nilai rata-rata aktivitas guru pada tiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 2,07 pada siklus II nilai rata-rata sebesar 3.00 sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa di tiap siklusnya mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 2,15 pada siklus II nilai rata-rata sebesar 3,00. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 15% pada siklus II sebesar 84%.

  Keyword: contextual teaching and learning (CTL), Model Pembelajaran Langsung.

Published
2013-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 158