PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK OPPO JENIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%25pAbstract
Kebutuhan akan alat komunikasi seperti telepon seluler (handphone) atau smartphone sendiri selalu mengalami peningkatan dari tahun ketahun khususnya handphone Oppo Smartphone. Hal ini dikarenakan pola konsumsi konsumen pada saat ini yang selalu menginginkan sebuah kemudahan dalam komunikasi yang dapat mendukung kegiatan mereka sehari-hari. Sehingga banyak para produsen handphone meningkatkan penjulannya dengan berbagai macam keunggulan dari handphone salah satunya adalah dari faktor kualitas produk dan citra merek.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk dan citra merek memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian handphone Merek Oppo Smartphone pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi. Sampel yang diambil sebanyak 127 responden ditentukan menggunakan teknik purposive sample. Data dikumpulkan dengan instrumen Angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan secara parsial untuk kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek Oppo Smartphone dengan nilai thitung sebesar 2,985 dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan untuk Citra Merek juga memberikan pengaruh yang signifikan dengan nilai thitung 8,065 dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan secara simultan, Kualitas Produk dan Citra Merek menunjukkan hasil yang positif berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone Merek Oppo Smartphone dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan responden adalah pada Citra Mereknya.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Smartphone.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

