PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK OPPO JENIS ANDROID

Penulis

  • CLERYAN ARI WIBOWO

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%25p

Abstrak

Kebutuhan akan alat komunikasi seperti telepon seluler (handphone) atau smartphone sendiri selalu mengalami peningkatan dari tahun ketahun khususnya handphone Oppo Smartphone. Hal ini dikarenakan pola konsumsi konsumen pada saat ini yang selalu menginginkan sebuah kemudahan dalam komunikasi yang dapat mendukung kegiatan mereka sehari-hari. Sehingga banyak para produsen handphone meningkatkan penjulannya dengan berbagai macam keunggulan dari handphone salah satunya adalah dari faktor kualitas produk dan citra merek.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk dan citra merek memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian handphone Merek Oppo Smartphone pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi. Sampel yang diambil sebanyak 127 responden ditentukan menggunakan teknik purposive sample. Data dikumpulkan dengan instrumen Angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.

Penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan secara parsial untuk kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek Oppo Smartphone dengan nilai thitung sebesar 2,985 dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan untuk Citra Merek juga memberikan pengaruh yang signifikan dengan nilai thitung 8,065 dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan secara simultan, Kualitas Produk dan Citra Merek menunjukkan hasil yang positif berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone Merek Oppo Smartphone dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan responden adalah pada Citra Mereknya.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Smartphone.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2016-07-28

Cara Mengutip

ARI WIBOWO, C. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK OPPO JENIS ANDROID. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 277 , PDF Downloads: 306